Muchdi Pr Dukung Jokowi, Sandi: Tidak Akan Berpengaruh

Sandiaga Uno.
Sumber :
  • VIVA/ Lilis Khalisotussurur.

VIVA – Calon wakil presiden nomor urut 02, Sandiaga Salahuddin Uno ikut merespons manuver Wakil Ketua Umum Partai Berkarya Muchdi Purwoprandjono yang mendukung Joko Widodo-Ma'ruf Amin. Menurut Sandi, hal itu tidak akan memengaruhi koalisi Indonesia Adil Makmur yang mengusung Prabowo-Sandi.

"Tidak akan berpengaruh kepada satu gagasan Indonesia menang. Satu visi Indonesia Adil Makmur, pilar swasembada pangan, swasembada energi, swasembada air. Fokus kita untuk menyediakan lapangan pekerjaan, menggerakkan ekonomi dan memastikan harga-harga stabil tidak akan berpengaruh," kata Sandi di Bulungan, Jakarta Selatan, Rabu 13 Februari 2019

Menurut dia, siapa pun termasuk pengurus partai dalam koalisinya bebas menyatakan dukungan tanpa paksaan. Kata Sandi, sejauh ini partai-partai yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Adil Makmur sangat solid. Sikap Muchdi dinilainya merupakan keputusan pribadi bukan keputusan partai.

"Kita solid, kemarin di Jawa Tengah kita kumpulkan dan ternyata ada efek balik gitu bahwa kebebasan berdemokrasi masing-masing pengurus silahkan. Tapi yang kita lihat bahwa luar biasa soliditas antara Berkarya, Gerindra, PKS, Demokrat dan PAN," tutur Sandi.

Kemudian, ia menekankan kesolidan koalisi merupakan sebuah karunia dukungannya untuk dirinya bersama Prabowo. Selain solid, partai-partai tersebut juga siap bersinergi dengan para relawan.

Sandi mengatakan, sebenarnya pengurus partai yang berbeda pilihan dengan partai bukan hanya terjadi di kubu Prabowo-Sandi. Tetapi, ada juga dari pengurus partai kubu Jokowi-Ma'ruf yang mendukung Prabowo-Sandi. Namun, mantan wakil gubernur DKI ini enggan membesar-besarkan.

"Memang tidak bisa 100 persen. Seperti yang kita lihat, banyak juga partai pendukung dari Presiden Jokowi dan KH Ma'ruf yang bergabung sama kita, ada juga dan saya tidak ingin membesar-besarkan," ujar Sandi.

Sebelumnya, Muchdi Pr menegaskan alasannya mendukung Jokowi-Maruf di Pilpres 2019. Salah satu alasannya karena keberhasilan Jokowi dalam membangun infrastruktur di era pemerintahannya mulai jalan tol, pelabuhan, hingga bandar udara.

Pernyataan itu disampaikan Muchdi lewat video dengan mengenakan baju 01 Jokowi-Amin.

"Yang pertama saya melihat Pak Jokowi ini sudah berbuat banyak selama lima tahunnya. Pembangunan yang dirasakan masyarakat, masalah jalan tol, pelabuhan, airport, dan masalah-masalah lainnya. Setelah 15 tahun Reformasi itu tidak dilakukan oleh presiden siapapun. Oleh karena itu, saya memilih Jokowi sebagai calon presiden 2019 mendatang," tutur Muchdi dikutip dari video, Senin, 11 Februari 2019. (art)