SBY, AHY, dan Ibas Tegar Dengar Ani Yudhoyono Sakit Kanker Darah

Ani Yudhioyono dan keluarga jalani perawatan di Singapura
Sumber :
  • dok. instagram @aniyudhoyono

VIVA - Sekretaris Jenderal Partai Demokrat Hinca Panjaitan, mengaku mulanya semua anggota keluarga dan kerabat Demokrat kaget dengan penyakit kanker darah yang dialami istri Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono, Ani Yudhoyono. Tapi kini baik SBY, AHY, dan Ibas sudah cukup tegar.

"Ya mula-mula kami kaget semua, tapi setelah kemarin kami ketemu, saya lihat Ibas sudah cukup tegar, Mas AHY juga cukup tegar, Pak SBY juga sudah cukup tegar dan keluarga begitu," kata Hinca di Gedung DPR, Jakarta, Rabu 13 Februari 2019.

Ia menambahkan Ani saat ini juga masih membalas pesan singkat yang diterima. Bahkan, hal yang luar biasa menurutnya, Ani masih bersemangat dan tersenyum.

"Dengan saya tadi sudah bersalaman, masih ngobrol di hari pertama waktu saya ketemu. Jadi semua berjalan dengan lancar. Mohon doa restunya kami terus fokus. Tadi Pak SBY dan keluarga, saya sampaikan ke beliau dan beliau setuju fokus tentang keluarga," kata Hinca.

Ia menambahkan anggota Demokrat secara bergantian mendampingi SBY di Singapura. Misalnya ada Wasekjen Partai Demokrat Andi Arief dan Ketua Divisi Komunikasi Publik Partai Demokrat Imelda Sari.

"Kami menghadapi ini dan tegar. Kami mohon pada seluruh masyarakat Indonesia doa restunya untuk ibu negara ibu Ani, yang sekarang lagi perawatan di rumah sakit di Singapura, rumah sakitnya rumah sakit NUH," kata Hinca.

Ia menambahkan, semalam tim dokter kepresidenan juga datang untuk berdialog berdiskusi dengan tim dokter Singapura. Mereka ingin menemukan atau mendiskusikan cara yang paling tepat dan terbaik untuk Ani.

"Untuk sementara waktu beliau memang belum bisa dikunjungi, karena memang tidak bisa bertemu dengan banyak orang. Pak SBY, Mas AHY, dan Mas Ibas dan keluarga semuanya ada di Singapura sejak hari pertama. Dan terus memantau mendampingi Ibu Ani," kata Hinca.

Temani SBY Kampanye

Soal kondisi Ani, ia menyebutnya masih stabil. Tetapi mulai hari ini akan dilakukan tindakan pengobatan. Ia menceritakan Ani memang sempat menemani SBY menemui rakyat secara langsung.

"Terakhir itu 8 hari 8 malam itu di Provinsi Sumatera Utara dan Aceh, 22 kabupaten kota. Bahkan Pak SBY dan Ibu Ani sempat ke rumah saya ketemu ibu saya, setelah itu baru jalan sampai itu tidak ada masalah," kata Hinca.

Ia melanjutkan dari Sumatera ke Aceh, Ani memang mengeluhkan tangannya yang sakit. Tapi setelah sepulang dari Aceh, tak ada masalah.

"Selesai dari Sumut beliau happy sekali sampai ke Aceh memang ibu agak mengeluh tangannya, habis itu kembali kami dari Aceh fresh lagi, tidak ada masalah. Sampai kemudian kembali ke Jakarta," kata Hinca. (djo)