Ma'ruf Ibaratkan Dukungan Kepala Daerah Koalisi 10 Plus

Calon Wakil Presiden Nomor Urut 01 Ma'ruf Amin.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga

VIVA – Calon wakil presiden nomor urut 01 KH Ma'ruf Amin mengatakan, dukungan dari Gubernur Riau yang baru, Syamsuar, merupakan bukti bahwa Provinsi Riau kini sudah mantap soal dukungan dari berbagai level masyarakat.

Lantaran berkaca Pemilu 2014, suara Joko Widodo yang saat itu berpasangan dengan Jusuf Kalla masih kalah dengan Prabowo Subianto-Hatta Rajasa.

"Saya sering bilang kita dapat dukungan dari 10 partai plus. Nah, plusnya itu, di luar 10 (koalisi) tapi orang-orangnya mendukung 01," kata Ma'ruf di sela kunjungannya ke Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu, 20 Februari 2019. 

Maksud dukungan koalisi 10 partai plus itu, menurut Ma'ruf, yaitu banyaknya kepala daerah dari nonkoalisi mendeklarasikan dukungan kepada pasangan Jokowi-Ma'ruf.

Dukungan, kata Mustasyar PBNU itu, sebagai bentuk apresiasi kepada pemerintahan Jokowi selama empat tahun belakangan. "Merasa bersyukur bahwa memang, walaupun dia bukan dari partai pendukung tapi juga mereka merasa perlu mendukung," katanya.

Sebelumnya, Syamsuar yang baru saja dilantik menjadi gubernur Riau oleh Presiden Jokowi di Istana Kepresidenan, langsung menyatakan sikap politik mereka di Pilpres 2019. 

Syamsuar yang juga politikus PAN, menilai bahwa masa kepemimpinan Jokowi perlu dilanjutkan untuk periode mendatang. 

Dia menilai, Jokowi banyak membawa perubahan, terutama bidang infrastruktur dan reforma agraria. "Saya berharap beliau bisa dua periode," ujar Syamsuar di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, hari ini. (art)