SBY Tunjuk AHY Pimpin Pemenangan Demokrat di Pemilu

Sekjen Demokrat Hinca Panjaitan
Sumber :
  • VIVA/Fajar Ginanjar Mukti

VIVA – Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono, menunjuk putranya, Komandan Kogasma Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono, memimpin upaya pemenangan parpol itu di Pemilu 2019.

Menurut Sekjen Demokrat, Hinca Panjaitan, penunjukan dilakukan karena SBY harus mendampingi istrinya yang dirawat di Singapura, sehingga tak bisa berada di Indonesia.

"Komandan Kogasma fokus bagaimana cara memenangkan pemilu. Kewenangan itu diserahkan penuh kepada beliau," ujar Hinca di DPP Demokrat, Jalan Proklamasi, Jakarta Pusat, Kamis, 28 Februari 2019.

Meski demikian, Hinca menegaskan, penunjukan semata-mata dilakukan dalam konteks persiapan Demokrat menghadapi pemilu. SBY tidak akan serta merta meninggalkan kepemimpinan Demokrat seperti isu yang sempat beredar.

"Desas-desus soal Plt (Pelaksana Tugas), pergantian ketua umum dan lain-lain itu tidak benar dan tidak ada. Susunan kepengurusan DPP masih lengkap, tidak ada perubahan satu pun," ujar Hinca.

Hinca menegaskan, AHY sendiri akan segera melaksanakan tugas barunya dengan pertama-tama menggelar pidato politik di Jakarta Jumat esok, 29 Februari 2019. Mantan kandidat di Pilkada DKI 2017 itu juga akan menggelar hal serupa di Jawa Timur beberapa waktu lagi.

"Mas AHY akan memulai tugasnya besok dengan pidato politik," ujar Hinca. (mus)