Ma'ruf Tegaskan RI Terbentuk atas Kesepakatan Bersama

Calon Wakil Presiden Nomor Urut 01 Ma'ruf Amin.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga

VIVA – Calon wakil presiden nomor urut 01 Ma'ruf Amin menegaskan bahwa Indonesia berdiri berdasarkan kesepakatan sesama anak bangsa. Dasar negara, kata dia, yang diantaranya Pancasila dan UUD 1945 tidak akan tergantikan sampai kapan pun.

"Pancasila adalah titik temu. Sehingga Indonesia menjadi terbentuk. Undang-undang 1945 juga merupakan kesepakatan, ittifaq wathoniyah atau kesepakatan nasional sesama sebangsa dan se-Tanah Air," kata Ma'ruf saat menyampaikan sambutan dalam acara Silaturahmi Akbar Banten Bersatu di Alun- alun Kota Serang, Banten, Minggu 3 Maret 2019. 

Dalam hal ini Ma'ruf, lebih tertarik negara kesepakatan dengan penyebutan darul mitsaq. Ia menjelaskan maksud kalimat itu yang juga termaktub dalam salah satu surat di kitab suci Al Quran. Ia mengartikan itu, bahwa warga Muslim dengan pemeluk agama lain dapat hidup berdampingan secara damai.

"Maka tidak boleh ada yang dizalimi apalagi sampai dibunuh. Kalau ada yang terbunuh, diantara mereka kamu harus membayar dia kepada keluarganya. Ini lah kesepakatan yang harus kita jaga," kata dia. 

Ma'ruf yang juga Mustasyar PBNU itu meminta warga Nahdliyin dan seluruh elemen bangsa melawan upaya pihak yang ingin mengubahnya. Ia menganggap, kelompok yang tengah memperjuangkan sistem dan bentuk negara sesuai kehendaknya sama saja melanggar kesepakatan para pendiri bangsa. 

"Baik itu (ubah) sistemnya, mekanismennya, nama negara atau sistem pemerintah. Hal- hal yang bisa mengubah, menyalahi kesepakatan harus ditolak di Indonesia karena menyalahi kesepakatan," ujarnya. (ren)