Ditemani Pakde Karwo, AHY Nyekar ke Makam Bung Karno

AHY nyekar ke makam Bung Karno
Sumber :
  • VIVA/Anwar Sadat

VIVA – Komandan Komando Satuan Tugas Bersama Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono, melakukan ziarah ke makam Proklamator Republik Indonesia, Soekarno pada Selasa siang, 9 April 2019.

Dalam ziarah tersebut, AHY tidak sendiri, tetapi turut didampingi oleh Panglima Pemenangan Pemilu Partai Demokrat Wilayah Timur, Soekarwo.

Saat tiba di kompleks pemakaman, AHY terlebih dahulu masuk ke museum Bung Karno dan melihat barang peninggalan Bung Karno, salah satunya adalah koper yang dibawa Bung Karno saat pengasingan. Setelah itu, AHY juga sempat menunaikan salat Zuhur berjamaah di musala kawasan area pemakaman.

"Saya senang dan bahagia sekali dan akhirnya datang mengunjungi makam beliau sehabis salat Zuhur di sini. Juga melihat perpustakaan," kata AHY.

Bagi AHY, sosok Soekarno sangatlah luar biasa. Seseorang yang memiliki mimpi yang besar, dan berusaha dengan sekuat tenaga untuk mewujudkan impiannya. Soekarno juga bukan orang yang mudah menyerah.

"Tentunya kita semua sebagai penerus bangsa ini harus bisa mendapatkan pelajaran-pelajaran berharga, yang telah diturunkan oleh Bung Karno, dan tentunya nilai-nilai luhur tentang Indonesia, tentang kebangsaan, nasionalisme, patriotisme, cita-cita rakyat Indonesia yang semakin adil dan sejahtera. Itu harus kita pelihara," ujarnya

Menurut AHY, Soekarno semasa hidupnya memiliki tujuan agar Indonesia menjadi bangsa yang besar, sejahtera, adil dan makmur. Untuk mewujudkan itu semua, saat ini, tanggung jawab ada di generasi muda bangsa.

"Insya Allah kalau kita dapat memelihara tujuan dan harapan pendiri bangsa tersebut maka akan sesuai dengan Pancasila. Dan kita semua yang bertanggung jawab," ujarnya.