Surya Paloh Prediksi Jokowi-Ma'ruf Raih 56-58 Persen Suara

Capres petahana Joko Widodo (tengah) bersama Ketua Umum Hanura Oesman Sapta (kiri), Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar (kedua kiri), Ketua Umum Nasdem Surya Paloh (kanan) dan Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto (kanan) meninggalkan ruangan seusai mengumumk
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

VIVA – Koalisi Indonesia Kerja (KIK) Joko Widodo-KH Ma'ruf Amin, berkumpul di Djakarta Theater Jalan MH Thamrin, Rabu sore 17 April 2019.

Selain Jokowi dan KH Ma'ruf Amin, hadir Jusuf Kalla, Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri dan putrinya Puan Maharani, Luhut Binsar Panjaitan, dan Ketua Umum Nasdem Surya Paloh. 

Surya mengaku tak ingin hanya karena pilpres maka potensi bangsa jadi tidak bisa dimaksimalkan. Tidak merusak satu sama lain, karena perbedaan pandangan politik. 

Meski begitu, pihaknya tetap optimistis masyarakat Indonesia memberikan kesempatan untuk periode kedua ke Jokowi. "Saya berharap terpilih kembali Pak Jokowi mendapatkan mandat," kata Surya Paloh, Rabu 17 April 2019.

Dengan kerja selama ini, Surya tetap yakin akan bisa dimenangkan oleh petahana. "Insya Allah saya optimis," tuturnya. 

Hingga kini, sejumlah hitung cepat atau quick count dari sejumlah lembaga, menempatkan keunggulan sementara untuk Jokowi-Ma'ruf. Surya berharap, hasil itu benar-benar tepat. "Pertandingan belum selesai," ucapnya. 

Dia percaya bahwa lembaga survei yang melakukan hitung cepat itu memperhatikan etika, sehingga hasilnya bisa dipertanggungjawabkan. 

Soal berapa besaran kemenangan Jokowi, Surya optimistis di atas 50 persen. "56-58 persen (Jokowi menang)," ujarnya

Pasangan capres-cawapres 01, Joko Widodo-Ma'ruf Amin, sementara unggul sebesar 56,44 persen atas pasangan Prabowo-Sandiaga Uno, 43,65 persen.

Hal ini berdasarkan hitung cepat (quick count) dari lembaga survei, Poltracking. Suara yang masuk 54,55 persen, pada pukul 15.09 WIB.

Sementara itu, tak beda dengan hasil Indikator. Hasil hitung cepat sementara, Jokowi-Ma’ruf memperoleh 55,89 persen, dan Prabowo-Sandi 44,11 persen. Total suara yang masuk 46,57 persen.