SBY Berharap Jokowi dan Prabowo Segera Bertemu

Ketua Umum Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) (kedua kiri)
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Aswaddy Hamid

VIVA – Ketua Umum Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) berharap Prabowo Subianto segera bertemu Joko Widodo (Jokowi). Hal itu, menurut SBY, penting dilakukan untuk meredam tensi politik yang memanas.

"Akan sangat baik dan mulia jika pada saatnya nanti Bapak Prabowo dapat bertemu dengan Bapak Jokowi secara langsung," kata SBY dalam video conference di sela acara buka bersama kader Partai Demokrat, Senin, 27 Mei 2019. 

SBY meyakini pertemuan antara Prabowo dan Jokowi akan membawa kebaikan bagi negara ini. Sebab, kedua tokoh nasional tersebut memiliki pendukung yang besar. 

"Keduanya saya yakini memiliki cita-cita yang baik untuk negeri ini," ujarnya.

Sebelumnya, Tim Hukum Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno resmi melayangkan gugatan sengketa Pilpres 2019 ke Mahkamah Konstitusi pada Jumat, 24 Mei 2019. 

Karena itu, sambung SBY, dalam pertemuan itu tak harus terjadi kesepakatan apa pun. Dia meyakini Jokowi akan menghormati langkah konstitusional yang ditempuh oleh Prabowo.

"Jika pertemuan itu dalam waktu dekat belum memungkinkan, tidak lah berarti tidak ada hari esok yang lebih indah. Indahnya kehidupan bangsa yang penuh kedamaian persaudaraan dan kerukunan," tutur SBY.