Seluruh Kader Demokrat Diminta Tak Bicara soal Kongres Luar Biasa

Sejumlah petinggi Partai Demokrat meminta SBY evaluasi hasil Pemilu 2019.
Sumber :
  • VIVA/Rifki Arsilan

VIVA – Ketua Dewan Kehormatan Partai Demokrat, Amir Syamsudin menerbitkan peringatan pada seluruh kader partai itu. Ia meminta agar para kader tak berbicara lebih lanjut soal kongres luar biasa. 

"Iya betul (imbauan tersebut), sementara jangan dulu memberikan apa mengimprovisasi di luar dari pada itu, kecuali ada reaksi atau ada hal-hal yang menjadi alasan buat saya untuk menambahkan," kata Amir saat dikonfirmasi wartawan, Jumat 14 Juni 2019.

Dalam imbauan yang tersebar melalui WhatsApp, Amir juga meminta agar para kader tak melakukan komunikasi pada publik terkait konflik internal partainya. Bahkan, ia mempersilakan kader lain melapor bila ada kader yang tak mematuhi imbauan tersebut.

"Dewan Kehormatan akan memanggil semua pihak yang memicu konflik yang ada untuk didengar keterangannya dan diselesaikan sesuai peraturan internal partai yang berlaku," demikian imbauan Amir.

Berikut isi pesan Amir pada kader Demokrat:

Yth. Seluruh kader PD di seluruh Indonesia.

Dewan Kehormatan (Wanhor) PD sesuai dengan tupoksinya, dengan ini meminta dan mengingatkan seluruh kader PD untuk mematuhi hal-hal sbb:
1. Seluruh kader diminta untuk tidak bicara lebih lanjut soal KLB dan hal lain terkait dengan itu.
2. Seluruh kader diminta untuk tidak melakukan komunikasi publik dalam bentuk apapun terkait dengan konflik internal termasuk kegiatan jumpa pers yang mewakili partai di semua tingkatan.
3. Bila ada perilaku kader yang tidak sesuai dengan AD/ART, kode etik, dan pakta integritas partai maka kader lain dapat membuat laporan ke Wanhor agar kader terlapor diperiksa dan diberi sanksi sesuai dengan peraturan internal partai yang berlaku.
4. Dewan Kehormatan akan memanggil semua pihak yang memicu konflik yang ada untuk didengar keterangannya dan diselesaikan sesuai peraturan internal partai yang berlaku.

Demikian himbauan Wanhor untuk dimaklumi seperlunya.

Ketua Wanhor
Amir Syamsudin

Cc.Majelis Tinggi dan Wanbin, Ketum & Sekjen.