Airlangga Incar Lagi Kursi Ketum Golkar, Bamsoet Siap Melawan

Ketum Golkar Airlangga Hartarto
Sumber :
  • Dok. Golkar

VIVA – Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto menegaskan akan maju lagi dalam Musyawarah Nasional (Munas) Partai Golkar yang akan digelar tahun 2019 ini.

Menteri Perindustrian Kabinet Kerja itu menyampaikan, jadwal munas akan digelar pada Desember 2019. Melalui proses munas yang merupakan forum tertinggi di partai berlambang pohon beringin itu, ia optimis akan dipilih kembali. Dia mengklaim akan mendapat dukungan penuh dari seluruh DPD.

"Sudah hampir semua DPD, sudah memberikan dukungan dan sikap," kata Airlangga, di Istana Negara, Jakarta, Rabu 19 Juni 2019.

Saat ini, baru muncul nama Bambang Soesatyo yang juga Ketua DPR, yang disebut siap bertarung merebut kursi Golkar 1. Meski Bamsoet, sapaan akrab Bambang, belum mendeklarasikan dirinya, namun ia sudah siap jika ada dukungan. Termasuk dukungan dari Presiden Joko Widodo.

Disinggung soal nama Bamsoet, Airlangga mengaku semua kader bisa mengajukan diri untuk maju di arena munas. "Ya namanya Munas Golkar kan terbuka untuk publik," katanya.

Airlangga sebelumnya menjadi ketua umum Golkar menggantikan Setya Novanto, yang masuk penjara atas kasus dugaan korupsi di KPK. DPP Golkar pada 13 Desember 2017, menetapkan Arlangga sebagai ketua umum definitif. Penetapan itu kemudian dikukuhkan dalam forum Munas Luar Biasa yang digelar pada 19-20 Desember 2017.