Forum Kongres akan Minta Megawati Pimpin PDIP Kembali

Presiden kelima RI Megawati Soekarnoputri (ketiga kanan) didampingi Puan Maharan
Sumber :
  • ANTARA/Nova Wahyudi

VIVA – Mayoritas kader Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan diprediksi kuat akan meminta kesedian Megawati Soekarnoputri kembali memimpin partai. Sekretaris Jenderal PDIP, Hasto Kristiyanto, mengatakan sang ketua umum masih dipercaya memegang pucuk pimpinan tertinggi partai dengan berbagai alasan.

Selain figur pemersatu, figur Megawati berperan besar memenangkan PDIP di dua pemilu terakhir.

"Nanti di dalam Kongres tetapi ada juga aspirasi dari seluruh ketua DPD PDI Perjuangan yang mohon kesediaan ibu ketua umum untuk berkenan memimpin kembali PDI perjuangan, itu suara arus bawah," kata Hasto di Kantor DPP PDI Perjuangan, Jakarta, Jumat 19 Juni 2019.

Hasto mengatakan, sebelum diadakannya kongres, partainya membuka diri agar para kader di seluruh daerah membuka 'panca indera' politik masing-masing. Aspirasi itu ditampung pada konferensi cabang (Konfercab) yang membawahi struktur tingkatan kecamatan hingga kelurahan dan desa.

"Yang membedakan PDI Perjuangan dengan partai lain adalah peserta kongres itu sebagai utusan, mereka membawa mandat dari arus bawah, suara arus bawah ini yang didengarkan," kata dia.

Hasto menyatakan, agenda Konfercab merupakan rangkaian kegiatan sebelum kongres yang merupakan forum pengambilan keputusan tertinggi partai.

Kongres kelima sendiri bakal terlaksana pada awal Agustus mendatang. Hingga Rakernas berlangsung hari ini belum membahas kandidat ketua harian.

Menurut Hasto, agenda rakernas hingga kongres mendatang, salah satunya fokus pada penyelelarasan masa kepemimpinan pemerintahan saat ini yang akan berlanjut ke periode kedua.

"Karena juga akan ikut bertanggung jawab terhadap visi misi Pak Jokowi untuk dapat dijalankan dengan sebaik-baiknya. Itu memerlukan dukungan dari DPR maka kami terus melakukan langkah konsolidasi," kata dia.