Sekjen Demokrat Pastikan Tak Ada Kongres Luar Biasa

Sekjen Partai Demokrat, Hinca Panjaitan.
Sumber :
  • VIVA/ Lilis Khalisotussurur.

VIVA - Sekretaris Jenderal Partai Demokrat, Hinca Panjaitan, memastikan tak akan ada kongres luar biasa (KLB) untuk memilih pucuk pimpinan Partai Demokrat yang baru. Demokrat akan melakukan kongres pada 2020 sesuai siklus lima tahunan partai.

"Di Demokrat kami mempunyai sikap siklus lima tahunan yang tertib. Kami pastikan tidak ada kongres luar biasa. Selain alasannya memang tidak ada momentumnya juga tidak tepat dan kami bersiap untuk mempersiapkan. Siklus lima tahunan itu Mei 2020," kata Hinca di Gedung DPR, Jakarta, Kamis, 20 Juni 2019.

Ia memastikan DPD dan DPC-DPC Demokrat sudah menyampaikan tidak akan ada kongres luar biasa. Kalaupun ada aspirasi soal kongres, hal itu dianggap sebagai gagasan dalam ruang demokrasi.

"Kami bicara tentang kedukaan kami, tidak bicara politik. Kami bicara buku (tulisan SBY tentang Ani), saya mendampingi beliau berjalan begitu," kata Hinca.

Sebelumnya, sejumlah tokoh senior Partai Demokrat mendesak Ketua Umum Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) untuk segera menggelar Kongres Luar Biasa atau KLB.

Anggota Majelis Tinggi Partai Demokrat, Max Sopacua menyatakan, KLB adalah salah satu cara yang dapat digunakan partai untuk membenahi kondisi internal partai yang kini mengalami keterpurukan usai Pemilu 2019.