Moeldoko: Sesungguhnya Pihak Sebelah juga Produksi Kebohongan yang TSM

Kepala Staf Presiden, Moeldoko
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

VIVA – Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko yang juga Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf  Amin menyampaikan narasi kecurangan kepada kubu 01 sudah disiapkan sebelum pelaksanaan pemilihan umum.

Ia mengatakan, ada upaya sistematis yang menggiring pembentukan opini publik bahwa kubu pendukung Jokowi-Ma'ruf Amin curang.

Bahkan dia mengatakan pembentukan opini sebelum pilpres itulah yang layak disebut terstruktur sistematis dan masif (TSM).

"Pembentukan opini kepada publik bahwa 01 curang itu sebelum pemilu sudah dilakukan. Dengan berbagai indikasi," kata Moeldoko di kantornya, Jakarta, Kamis, 20 Juni 2019.

Moeldoko pun mengaku berani mengatakan bahwa pihak sebelah atau kubu 02 adalah yang memproduksi kebohongan secara berulang-ulang. Sehingga masyarakat pun percaya akan hal tersebut.

"Saya berani mengatakan, sesungguhnya menurut saya, dari pihak sebelah juga memproduksi kebohongan yang TSM. Akhirnya masyarakat masuk ke post truth, karena semburan yang berulang-ulang itu akhirnya meyakini benar seolah olah terjadi kecurangan," jelas dia.

Baca: Saksi 02 Ungkap Peran Moeldoko hingga Ganjar Pranowo

Kendati begitu, menurutnya, tuduhan kecurangan TSM yang dilakukan kubu 01 sana sekali tidak terbukti.

"Di mana si TSM-nya, sampai sekarang kayaknya belum ketemu itu. Jadi apa, belum bisa menghadirkan fakta-fakta yang bisa menuju ke sana," ujar eks Panglima TNI itu. (ase)