Halo
Pembaca

Berita

Bola

Sport

Otomotif

Digital

Showbiz

Gaya Hidup

in-depth

Lintas

Blog

Informasi

Senin, 24 Juni 2019 | 15:49 WIB

Wagub DKI Masih Kosong, Tjahjo: Kata Gubernur Sekarang Bola di DPRD

Team VIVA »
Hardani Triyoga
Agus Rahmat
Foto :
  • VIVA/ Ridho Permana.
Mendagri Tjahjo Kumolo.

VIVA – Lebih dari sepuluh bulan, posisi wakil gubernur DKI Jakarta pengganti Sandiaga Uno lowong. Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo, ikut menanggapi molornya pengganti Sandiaga.

Tjahjo mengatakan, memang tak ada limit waktu yang mengatur itu. Laporan yang ia terima dari Gubernur DKI Anies Baswedan, penentuan posisi wakil gubernur, bolanya ada di DPRD DKI.

Baca Juga

"Kunci pengisiannya ya dari partai-partai pengusung yang kompromi dengan Pak Gubernur. Kemudian usulan nama 1 atau 2 diajukan ke DPRD. Kata Pak Gubernur sekarang bola ada di DPRD," ujar Tjahjo, di Istana Negara, Jakarta, Senin 24 Juni 2019.

Tjahjo menambahkan, Kemendagri juga masih menunggu paripurna penetapan dari DPRD DKI. Sebab, usai ditetapkan maka selanjutnya dilaporkan ke Kemendagri untuk diajukan nanti ke Presiden. Hal ini agar dibuatkan keputusan presiden (keppres).

Terpopuler

Kata dia, peristiwa seperti ini yakni kekosongan kursi wakil gubernur, juga terjadi di beberapa daerah, tak hanya di DKI.

"Sekarang saja ada yang hampir selesai juga nggak ada wakil, kayak Sulawesi Tengah. Kuncinya adalah partai pengusung," ujarnya.

Lowongnya kursi wagub DKI, menurut dia, Kemendagri tak punya kewenangan untuk bisa mendorong lebih jauh.

"Yang penting political will saja lah dari partai pengusung dan gubernur. Kan DPRD tinggal menerima dan menjadwalkan saja," tuturnya.

Sandiaga Uno mundur dari wakil gubernur DKI untuk maju sebagai calon wakil presiden di Pilpres 2019. Sandi resmi maju sebagai cawapres pada Jumat, 10 Agustus 2018.

Adapun duet Anies Baswedan dan Sandiaga Uno, sebelumnya diusung oleh Partai Gerindra dan PKS di Pilkada DKI 2017. Keduanya berhasil menang, mengalahkan pasangan petahana Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) yang berpasangan dengan Djarot Syaiful Hidayat.

Topik Terkait
Saksikan Juga
Anies Akan Bangun Kembali Kampung Akuarium yang Digusur Ahok
TVONE NEWS - 2 jam lalu