Usai Putusan MK, PAN akan Rakernas Tentukan Sikap Politik

Anggota Komisi VII DPR RI Bara Hasibuan.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Lilis Khalis

VIVA – Wakil Ketua Umum PAN Bara Hasibuan mengatakan, partainya akan secepatnya melakukan Rakernas untuk menentukan sikap politik usai putusan Mahkamah Konstitusi (MK). Sebab, keberadaan PAN dalam koalisi pilpres telah selesai. 

"Kami akan menyatakan sikap selanjutnya bagi PAN, semuanya sudah selesai," kata Bara di gedung DPR, Jakarta, Rabu, 26 Juni 2019.

Dia menambahkan, "The next logical step, langkah-langkah logis selanjutnya bagi PAN sebagai parpol, apa yang kami bisa lakukan untuk 5 tahun ke depan."

Ia menjelaskan, posisi PAN sudah selesai secara resmi dalam koalisi, sehingga partai yang tergabung dalam koalisi memiliki otoritas penuh menentukan langkah selanjutnya.

"Bagi kami secara resmi secara de jure besok sudah selesai. Jadi keberadaan kami di koalisi Prabowo-Sandi ini kan hanya untuk kepentingan pemilihan presiden. Tapi secara de facto, pemilihan presiden selesai 17 April," kata Bara.

Ia mengakui dalam internalnya muncul perdebatan soal sikap politik PAN. Tapi hal itu biasa dalam partai politik. "Masih ada perdebatan dan pembicaraan juga sedang berlangsung setelah 17 April mengenai langkah selanjutnya, dan itu saya pikir biasa saja dalam partai politik," kata Bara.