Waketum PAN: Idealnya dalam Demokrasi Ada Check and Balance

Anggota Komisi VII DPR RI Bara Hasibuan.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Lilis Khalis

VIVA - Wakil Ketua Umum Partai Amanat Nasional, Bara Hasibuan, menanggapi peluang Gerindra dalam mendapatkan kursi kabinet. Menurutnya, secara ideal harus ada check and balance.

"Ya memang seharusnya idealnya dalam demokrasi itu ada check and balances, prinsipnya begitu ya," kata Bara di gedung DPR, Jakarta, Rabu 26 Juni 2019.

Ia memahami persoalan kabinet menjadi hak Jokowi memutuskan sebagai pemimpin utama koalisi. Begitu pun kalau Jokowi merasa perlu memperkuat koalisi dengan mengajak partai lain.

"Saat bersamaan pemerintah juga ingin ada kekuatan yang kuat, mayoritas, majority based di dalam parlemen itu juga penting. Ada pertimbangan-pertimbangan lain, bukan hanya soal jumlah kekuatan atau jumlah kursi. Indonesia ini kan banyak faktornya kan, kita nggak bisa secara simple melihat misalnya kursi 60 persen, tapi ada faktor-faktor lain, sosial, identitas politik, segala macam," kata Bara.

Ia menambahkan kemampuan untuk memerintah memang harus didukung dengan basis yang kuat di parlemen. Sebab, bila pemerintahan kuat maka akan efektif dalam bekerja.

"Tapi tetap saja memang kontrol itu tetap perlu ada. Kontrol itu bisa dari parlemen, dari pers, dari media," kata Bara.