Ma'ruf Amin Ajak Prabowo-Sandi Rekonsiliasi

KH Ma'ruf Amin
Sumber :
  • VIVA/Eduward Ambarita

VIVA – Setelah putusan Mahkamah Konstitusi, calon wakil presiden nomor urut 01, Ma'ruf Amin mengajak pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 02, Prabowo-Sandi, beserta seluruh elemen bangsa, untuk kembali membangun persatuan pascaPemilu 2019, demi membangun bangsa ke depan.

"Saya syukuri, semua sudah selesai. Saya mengajak semua elemen bangsa, terutama pasangan 02, untuk sama-sama membangun bangsa," kata Ma'ruf di kediaman Rumah Situbondo, Jakarta, Minggu 30 Juni 2019.

Ma'ruf menambahkan, tidak mungkin membangun bangsa tanpa adanya persatuan dan kesadaran saling membantu di antara seluruh elemen bangsa. "Saya siap kerja keras. Siap ajak semua elemen bangsa, terutama 02, untuk sama sama membangun bangsa," jelasnya.

Atas dasar itu, ia memastikan, siap melakukan rekonsiliasi dengan pasangan Prabowo-Sandi pascaputusan MK yang memenangkan Jokowi-Ma'ruf. "Saya kira, rekonsiliasi harus dibangun, karena rekonsiliasi demi keutuhan bangsa," ujar Ketua MUI.

Ma'ruf enggan berkomentar terkait kabar Prabowo-Sandi yang tak akan hadir sore ini di rapat pleno penetapan capres-cawapres terpilih Pemilu 2019 oleh KPU. "Karena tidak wajib, boleh hadir boleh tidak. Lebih bagus, kalau bisa hadir," tegasnya.