Terima Aspirasi Kader Daerah, Bamsoet: Sebaiknya Partai Tak Main Kayu

Ketua DPR RI Bambang Soesatyo
Sumber :

VIVA – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Bambang Soesatyo mengklaim mendapatkan dukungan lagi dari sejumlah DPD I Partai Golkar untuk menjadi calon ketua umum Golkar pada Munas yang digelar Desember 2019.

Bamsoet, begitu dia biasa disapa, menyebut selain DPD Maluku di antaranya DPD Kepulauan Riau yang memberikan dukungan langsung kepadanya.

"Ya tentu saya menerimanya dengan baik dan aspirasi mereka tidak jauh seperti yang teman-teman daerah lainnya. Berharap bahwa ke depan momok pelaksana itu tidak terjadi lagi atau disebut istilah tadi sebaiknya partai tak main kayu," kata Bamsoet di gedung DPR, Jakarta, Selasa, 2 Juli 2019.

Ia menambahkan dukungan dari daerah ini akan memperkuat keyakinannya maju sebagai calon ketua umum Golkar. Sebab, ia tak akan maju bila kader di daerah tak ingin perubahan.

"Jadi, buat apa saya maju kalau kawan-kawan daerah tidak mengharapkan perubahan. Karena saya harus membawa perubahan kalau nanti maju," kata Bamsoet yang juga Wakil Koordinator bidang Pratama DPP Golkar itu.

Ia menilai Golkar ke depan harus lebih memiliki progres. Lalu, bisa mengedepankan cara yang sudah diatur partai.

Menurut dia, suara kader di daerah ingin partai dikelola dengan cara yang ada dalam aturan organisasi. Salah satu yang disinggungnya terkait posisi pelaksana tugas atau plt.

"Pengambilan keputusan tidak boleh keluar dari aturan. Kedua momok plt saya lebih cenderung penyelesaian itu dilakukan musyawarah mufakat dan tidak perlu semuanya di pusat," ujar Bamsoet

Kemudian, ia menyebut juga untuk penentuan pencalonan jabatan kepala daerah seperti bupati, wali kota, gubernur, pengurus DPD yang paling paham.

"Jadi, tidak drop-drop saja itu sih. Inilah masukan saya kan hanya menampung saja, hanya menyambung lidah mereka saja," ujar Bamsoet. (ase)