Jokowi dan Prabowo Mau Bertemu, PDIP: Suasananya Jadi Adem

Debat Capres Keempat Pemilu 2019
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA – Presiden petahana Joko Widodo akan bertemu rivalnya di Pilpres 2019, Prabowo Subianto pada Bulan Juli 2019. Ketua DPP PDIP, Hendrawan Supratikno menyatakan sangat mendukung pertemuan dua tokoh tersebut karena bisa menjahit kembali perbedaan yang terjadi.

"Suasananya jadi adem. Terus akar rumput melihat pimpinannya bertemu. Bersahabat. Itu berarti mengembuskan semangat kebersaman, jahit kembali perbedaan atau luka yang terjadi," kata Hendrawan di komplek parlemen, Jakarta, Kamis 4 Juli 2019.

Ia menambahkan Jokowi dan Prabowo sebenarnya dua sahabat. Kata, dua tokoh tersebut kepada publik sudah menyampaikan apapun keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) tak akan merenggangkan hubungan.

"Ini bagus, itu sebabnya saya minta lingkaran satu dari masing-masing tokoh ini, untuk segera mempercepat pertemuan tersebut," ujarnya.

Menurutnya, silaturahim menjadi hal yang esensial dalam kehidupan berbangsa. "Saya kira bagus, silaturahim itu esensial ya dalam kehidupan kita sebagai bangsa," kata Hendrawan.

Tak Buru-buru

Wakil Sekjen PDIP Eriko Sotarduga tak menampik kemungkinan besar pertemuan antara Jokowi dan Prabowo dilakukan bulan Juli ini. Namun, belum bisa dipastikan waktu dan tanggal pertemuan keduan tokoh tersebut.

"Tapi, memang perkembangan yang ada dalam pembicaraan non formal dengan rekan-rekan di koalisi Pak Prabowo itu diperkirakan di bulan Juli ini," kata Eriko saat ditemui di kantor DPP PDI P, Jakarta, Kamis 4 Juli 2019.

Eriko yang juga Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional itu menuturkan, komunikasi dengan koalisi di kubu Prabowo tetap berjalan jelang pertemuan.

Ia juga meminta, semua pihak tidak terburu-buru menghendaki pertemuan yang kemudian ditafsirkan dalam berbagai hal. "Karena saya yakin beliau-beliau ini negarawan besar," ujarnya

Dia memprediksi peristiwa pasca Pilpres 2014 lalu bakal terulang. Pertarungan yang serupa antara Jokowi dan Prabowo, pada ujungnya berakhir dua kandidat itu saling bertemu.

Kala itu Jokowi yang terpilih sebagai pemenang menyambangi Prabowo di Hambalang, Bogor. Pertemuan selanjutnya, saat Prabowo menghadiri pelantikan Jokowi.

"Saya yakin ini hanya soal waktu saja. Nanti kita tunggu bersama kalau soal waktunya," kata dia.