Respons Saran Amien Rais, Waketum PAN: Jangan Lihat Ambisi 1 Kursi

Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais (tengah).
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto

VIVA – Wakil Ketua Umum DPP Partai Amanat Nasional (PAN), Bara Hasibuan merespons saran Amien Rais yang meminta pengurus DPP jangan Rabun Ayam demi kursi Menteri. Menurut Bara, terkait jumlah kursi menteri yang diucapkan Amien Rais itu tak terlalu penting.

Menurut dia, yang terpenting saat ini PAN memiliki tempat untuk berkontribusi terhadap rakyat.

"Jangan lihat di sini PAN hanya ambisi mendapatkan kursi di kabinet, 1-2 kursi di kabinet. Menurut saya itu tidak terlalu penting. Betul sekali kalau untuk bergabung kan ada manifestasi dari bergabungnya kita itu. Kita perlu memiliki tempat untuk bisa mengartikulasikan kontribusi kita," kata Bara di Gedung DPR, Selasa 9 Juli 2019

Bara menambahkan, bila nanti PAN memutuskan gabung ke pemerintahan Jokowi-Ma'ruf di Periode 2019-2024, bukan semata-mata mengincar jabatan semata. Tetapi, ada hal lain yang lebih besar, yakni masuknya PAN sebagai simbol saat antara partai yang berlawanan di Pilpres 2019.

Apalagi, pasca-Pilpres 2019, meredam polarisasi harus dilakukan demi persatuan untuk masyarakat.

"Kita harus mempersatukan bangsa ini akibat luka, akibat kerusakan akibat perbedaan-perbedaan tajam akibat kompetisi politik yang sangat panas," ujar Bara

Namun, untuk keputusan akhir PAN masih harus mempertimbangkannya dan meminta masukan para tokoh senior PAN. Misalnya seperti meminta masukan dari Ketua Dewan Kehormatan PAN, Amien Rais dan Ketua Majelis Pertimbangan Partai Sutrisno Bahir.

"Kita terima nasihat dari berbagai pihak tapi pada akhirnya nanti DPP bersama dengan pengurus-pengurus daerah, DPP yang dipimpin oleh ketua umum kami ya, akan mengambil keputusan," ujarnya.

Baca: Amien Rais ke DPP PAN: Jangan Kita Rabun Ayam karena Satu Kursi