PKB Anggap Cak Imin Pantas Jadi Ketua MPR karena Berkompeten

Wakil Ketua MPR Muhaimin Iskandar
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

VIVA – Ketua Dewan Pimpinan Pusat Partai Kebangkitan Bangsa Lukman Edy menganggap sang ketua umum Muhaimin Iskandar alias Cak Imin layak menjadi ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat. Salah satu alasannya, Cak Imin berkompeten menjaga kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

"Pak Muhaimin merasa berkompeten menjaga NKRI, kebhinnekaan dan doktrin antara negara dan agama menjadi doktrin PKB," kata Lukman dalam forum diskusi Indonesia Lawyers Club di tvOne, Selasa malam, 9 Juli 2019.

Menurutnya, bagi PKB, persoalan relasi antara agama dan negara sudah tuntas di era pemerintahan presiden Abdurrahman Wahid. Maka jika setelah pemilu 2019 Indonesia masih mempersoalkan relasi agama dengan negara, tak akan bisa menjawab populisme agama.

Meski begitu, ia menegaskan bukan berarti partai lain tak khatam soal relasi agama dan negara. Ia menyebutkan PDIP, Partai Golkar, dan Partai Nasdem yang merupakan partai yang berkarakter nasionalis, sementara PKB religius, sehingga menjadi kombinasi ideal kekuatan politik nasionalis-religius.

Selain karena kompetensi itu, katanya, peran ketua MPR akan bersifat strategis, di antaranya ada keinginan mengamandemen UUD 1945. "Ada keinginan masukkan GBHN (Garis-garis Besar Haluan Negara) dalam kewenangan MPR yang baru, ada residu kampanye yang bisa diformulakan dalam keputusan dan fungsi MPR, membangun kembali cinta pada NKRI," ujarnya.