Halo
Pembaca

Berita

Bola

Sport

Otomotif

Digital

Showbiz

Gaya Hidup

in-depth

Lintas

Blog

Informasi

Kamis, 11 Juli 2019 | 08:44 WIB

Golkar Terang-terangan Minta Jatah Empat Menteri

Team VIVA »
Mohammad Arief Hidayat
Lucky Aditya (Malang)
Foto :
  • VIVA/Lucky Aditya
Politikus senior Partai Golkar, Fadel Muhammad.

VIVA – Politikus senior Partai Golkar Fadel Muhammad mengungkapkan bahwa partainya menginginkan jatah empat menteri dalam kabinet pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin.

Mantan wakil ketua umum Partai Golkar itu terang-terangan menyatakan ada empat nama kadernya yang diajukan sebagai kandidat menteri, bahkan sudah mematok posisi-posisi tertentu dalam kabinet, misal menteri kelautan dan menteri perindustrian.

Baca Juga

"Prosesnya tinggal disetujui. Kita minta empat kursi [menteri]. Kita ajukan, nama-namanya belum bisa dipublikasikan. [Yang diminta] menteri kelautan, menteri perindustrian, dan beberapa nama," kata Fadel di Malang, Jawa Timur, Rabu malam, 10 Juli 2019.

Golkar, katanya, sedang mempersiapkan Musyawarah Nasional. Ada dua kubu calon ketua umum yang mengerucut, antara lain Airlangga Hartarto dan Bambang Soesatyo.

Terpopuler

Namun, kedua kubu berbeda pandangan tentang jadwal Munas: Airlangga menginginkan Munas digelar setelah penentuan kabinet Jokowi-Ma'ruf, sedangkan Soesatyo menghendaki Munas dipercepat sebelum penentuan kabinet baru.

Di antara dua figur kandidat itu, menurutnya, Airlangga dianggap berpeluang besar tetap menjadi ketua umum. Beberapa daerah menginginkan evaluasi dari kepemimpinan Airlangga. Namun, mayoritas mereka tetap menginginkan Airlangga tetap menjadi ketua umum.

"Kita banyak yang pilih tetap Airlangga terkait juga dengan dukungan ke Pak Jokowi. Memang dinamikanya ada dua kubu. Ada anggota daerah minta adanya evaluasi terhadap Pak Airlangga. Tapi daerah [sebagian] besar minta tetap Pak Airlangga," ujar menteri kelautan di era pemerintahan presiden Susilo Bambang Yudhoyono itu.

Topik Terkait
Saksikan Juga
Pelukan dengan Surya Paloh, Jokowi: Bentuk Silaturahmi
TVONE NEWS - 1 hari lalu