Megawati Sarankan Menteri Muda Berkualitas, PDIP: Spirit Bung Karno

Ketua Umum PDI Perjuangan yang juga Presiden kelima RI Megawati Soekarnoputri menunjukkan jarinya yang telah dicelup tinta seusai menggunakan hak pilihnya pada Pemilu 2019 di TPS 62, Kebagusan, Jakarta
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso

VIVA – Politikus PDI Perjuangan, Zuhairi Misrawi, mengatakan saran Ketua Umum Megawati Soekarnoputri soal usulan figur menteri muda berkualitas mengacu semangat era pemerintahan Soekarno. Dia menekankan, wajar Megawati menyarankan menteri muda yang paham sistem ketatanegaraan.

"Karena bagaimana pun, populasi anak muda kita sampai 40 persen dari keseluruhan jumlah penduduk kita. Nah, itu memang kan spiritnya dari Bung Karno, yang di awal kemerdekaan memberikan peran yang besar terhadap kaum muda," ujar Zuhairi saat dihubungi VIVA, Kamis, 11 Juli 2019.

Dia menekankan, merujuk saran Megawati, maka kompetensi figur muda yang menjadi calon menteri harus diperhatikan. "Tapi seperti yang dikatakan oleh Ibu Ketua Umum (Megawati) bahwa kapasitas dan kapabilitas harus menjadi prasyarat mutlak," kata Zuhairi.

Zuhairi menuturkan, partainya mendukung jika Jokowi dan wakilnya Ma'ruf Amin memilih kalangan milenial menjadi para pembantunya.

Namun, ia juga mengingatkan mesti figur yang mengerti tugas kedewanan. Selain itu, memahami secara utuh ideologi bangsa yakni Pancasila.

"Karena memimpin Indonesia yang sangat besar ini diperlukan satu sosok yang mampu memberikan insipirasi bagi pembangunan. Tapi, juga mampu membangun kebersamaan sebagai sebuah bangsa yang bhineka," kata dia.

Di luar itu, Zuhairi menyebut kemungkinan besar memilih menteri muda sebagai contoh paling dekat telah dilakukan pemerintah Malaysia. Ia mengatakan Syed Saddiq yang masih berusia 26 tahun, diplot menjadi Menteri Pemuda dan Olahraga Malaysia.

Baca: Megawati Ingatkan Jokowi, Posisi Menteri Muda Bukan Sekadar Pajangan

Namun, ia mengatakan, fatsun politik yang berlaku di partainya adalah menyerahkan pembahasan menteri kepada ketua umum untuk diusulkan kepada Presiden.

"Saya kira partai sangat siap. Kita punya kader kader muda berkualitas tentu atas restu dan petunjuk ibu ketua umum," katanya. [mus]