Jokowi Belum Janjikan Terima Kubu Prabowo Gabung ke Koalisi

Pertemuan Jokowi-Prabowo di Stasiun MRT Jakarta 13 Juli 2019.
Sumber :
  • ANTARA Foto/Wahyu Putro

VIVA – Presiden Terpilih Joko Widodo bakal merundingkan wacana bergabungnya kubu mantan calon presiden Prabowo Subianto ke koalisinya. Jokowi mengatakan bakal berkomunikasi terlebih dahulu dengan partai-partai pendukung di Koalisi Indonesia Kerja.

"Mengenai pembahasan koalisi, saya harus ngomong apa adanya. Saya harus juga merundingkan diskusikan dengan sahabat saya di Koalisi Indonesia Kerja," kata Jokowi kepada para wartawan di Stasiun MRT Senayan, Jakarta, Sabtu 13 Juli 2019. Berdiri di samping Jokowi dalam jumpa pers itu adalah Prabowo, yang bersama-sama naik MRT dari Stasiun Lebak Bulus tadi pagi.

Jokowi meyakini pihak Prabowo juga akan melakukan hal yang sama. Prabowo disebut Jokowi juga masih akan berkomunikasi dengan para koalisi dan relawan terlebih dahulu.

"Begitu juga Pak Prabowo akan melakukan hal yang sama dengan relawan juga akan melakukan itu (berunding)," katanya.

Kendati begitu, Jokowi menegaskan masyarakat harusnya tak lagi melihat perbedaan pilihan. Momentum bertemunya Jokowi-Prabowo sebagai bentuk pemimpin yang sudah berdamai satu dengan yang lain.

"Kalau sudah melihat para pemimpinnya sudah bergandengan mestinya pendukungnya sudah selesai dan bergandengan semuanya," ujar mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

Jokowi-Prabowo bertemu di Stasiun MRT Lebak Bulus. Usai bertemu, keduanya melakukan perjalanan menggunakan MRT dari Stasiun Lebak Bulus secara bersama-sama ke Stasiun MRT Senayan. Setelahnya, mereka berjalan kaki ke Mal FX Sudirman Senayan untuk makan siang bersama. (ren)