Sebelum Bertemu Jokowi, Prabowo Surati Amien Rais, Isinya Menyentuh

Ketua Dewan Kehormatan PAN, Amien Rais.
Sumber :
  • VIVA/ Lilis Khalisotussurur.

VIVA - Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional, Amien Rais, mengatakan mantan capres Prabowo Subianto sempat mengirimkan surat kepadanya pada 12 Juli 2019. Surat tersebut berisi pemberitahuan Prabowo yang akan bertemu Jokowi pada 13 Juli 2019.

"Isinya, Pak Amien, kemungkinan 13 Juli akan ada pertemuan dengan Jokowi. Bagi saya Pak Amien, kepentingan lebih besar yaitu keutuhan bangsa NKRI. Itu lebih saya pentingkan," kata Amien menirukan surat Prabowo padanya, di kantor DPP PAN, Jakarta, Senin, 15 Juli 2019.

Ia menambahkan pada paragraf kedua surat Prabowo, dituliskan setelah pertemuan tersebut, Prabowo akan menemui Amien di Yogyakarta atau Jakarta.

"Saya belum bertemu Prabowo," kata Amien.

Ia mengaku memang tak bisa menjelaskan secara detail mengapa Prabowo sudah bertemu Jokowi. Tapi ia pastikan akan segera bertemu Prabowo.

Soal rekonsiliasi, lucu baginya bila dalam bentuk bagi-bagi kursi. Justru bagi kursi bukanlah rekonsiliasi karena dianggap politisi tak lagi memiliki kekuatan moral dan tak memegang disiplin partai.

"Sekarang saya tetap, rekonsiliasi agar bangsa tak pecah saya 1.000 persen setuju, mbahnya setuju. Tapi jangan sampai itu diwujudkan dengan bagi-bagi kursi, karena apa gunanya dulu bertanding ada dua paslon tapi ujung-ujungnya lantas bagi-bagi," kata Amien.

Sebelumnya, Jokowi dan Prabowo akhirnya bertemu di Stasiun MRT Lebak Bulus, Jakarta Selatan, pada Sabtu, 13 Juli 2019. Kedua tokoh itu kompak mengenakan baju atau kemeja berwarna putih. (ase)