Waketum PAN Sarankan Partai Tak Gelar Rakernas 

Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan.
Sumber :
  • Dok. PAN.

VIVA –  Wakil Ketua Umum Partai Amanat Nasional Totok Daryanto, menyarankan agar partainya tidak menggelar Rapat Kerja Nasional dalam waktu dekat untuk menentukan posisi berada di koalisi pemerintah atau tidak.

Menurut Totok, rencana menggelar Rakernas hanya memperuncing perbedaan pendapat di internal. "Melihat kenyataan ini sebagai kader PAN yang terbilang senior, saya menyarankan agar Rakernas PAN tidak perlu mengagendakan untuk memilih sikap antara berkoalisi atau beroposisi," kata Totok saat dihubungi, Selasa 16 Juli 2019.

Totok khawatir, partai akan terbelah jika memaksakan agenda Rakernas. Di satu sisi, berdasarkan aspirasi dari sejumlah Dewan Pimpinan Wilayah disebut ingin partai ikut dengan gerbong pemerintah. Sementara di pandangan lain, beberapa kader telah menyuarakan pandangan agar partai berlambang matahari itu berada di oposisi.

"Bila ada keputusan aklamasi pun, apa pun pilihannya, dipastikan akan ada statemen dari para kader PAN yang mengingkari keputusan aklamasi tersebut," ujarnya. 

Di tempat terpisah, Wakil Ketua Umum PAN Bara Hasibuan, mengapresiasi sikap senior partainya Amien Rais yang sudah legawa menerima hasil Pemilihan Presiden. 

Pernyataan Amien yang meminta semua pihak memberikan kesempatan kepada Jokowi selaku presiden terpilih membuktikan mantan Ketua MPR itu seorang negarawan.

Ia berharap, sikap yang ditunjukkan Amien akan diikuti tokoh-tokoh pendukung Prabowo-Sandi. "Statement pak Amien harus kita hargai dan membuat demokrasi kita semakin dewasa," kata dia. [mus]