Golkar Tak Anggap Serius Beredarnya Rumor Susunan Menteri Jokowi

Ketua DPP Partai Golkar Bidang Media dan Penggalangan Opini, Ace Hasan Syadzily
Sumber :
  • VIVA/Rifki Arsilan

VIVA – Partai Golkar tak memusingkan seliweran susunan kabinet yang belakangan muncul di media sosial. Namun, Golkar meyakini, Presiden Joko Widodo tengah menyusun kabinet di peridode kedua hingga pada saatnya diumumkan nanti. 

"Kalau masih seliweran tidak jelas sumbernya dari mana jangan terlalu dianggap serius," kata Ketua DPP Partai Golkar, Ace Hasan Syadzily, di Jakarta, Rabu 17 Juli 2019. 

Ace membantah ketika ditanyai wartawan mengenai adanya perebutan jabatan dari koalisi parpol ataupun pendukung atas munculnya susunan nama menteri tersebut. Semua partai pendukung, kata dia, menyerahkan sepenuhnya kepada Jokowi yang punya hak prerogatif menentukan para pembantunya.

"Kita biasa-biasa saja, jadi tidak ada yang dinilai bahwa terjadi perebutan. Karena saya kira hampir semua parpol KIK (Koalisi Indonesia Kerja) menyerahkan semuanya kepada Presiden," tuturnya. 

Sebelumnya, dalam percakapan di media sosial, beredar draf susunan nama menteri kabinet Jokowi-Ma'ruf Amin periode 2019-2024. Kali ini, dalam draf dengan kop Koalisi Indonesia Maju dan berlogo Garuda terdapat sejumlah elite dari partai politik yang gagal ke parlemen.

Rumor tentang susunan nama menteri kabinet Jokowi-Ma'ruf, dinyatakannya, sudah dua kali terjadi.

Yang berbeda kali ini, tertulis ‘Risalah Rapat Pengangkatan Nama-nama Menteri Pembantu Presiden dalam Kabinet Kerja Jilid II Periode 2019-2024 Masa Pemerintahan Ir. H. Joko Widodo dan Prof. Dr. KH Ma’ruf Amin bersama partai koalisi’.