Prabowo Seleksi Seluruh Caleg Gerindra yang Lolos ke DPR dan DPRD

Capres Prabowo Subianto saat nyoblos pada Hari Pemilu 17 April 2019/Ilustrasi Pemilu.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

VIVA – Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto hari ini mengumpulkan elite pengurus dan anggota dewan pembina untuk membahas sikap partai pasca Pilpres 2019. Selain itu, Prabowo membentuk tim seleksi bagi para kadernya yang terpilih sebagai wakil rakyat di parlemen untuk menempati posisi-posisi strategis.

Berdasarkan hasil pengumuman Pileg 2019 oleh KPU, Gerindra meraih 78 kursi di DPR dan 2.245 DPRD setingkat Kabupaten/Kota di seluruh Indonesia.

Sekjen DPP Gerindra, Ahmad Muzani, menyampaikan Prabowo yang juga sebagai Ketua Dewan Pembina partai punya hak menentukan figur yang akan duduk di posisi pimpinan dan alat kelengkapan dewan.

"Berdasarkan anggaran dasar, kewenangan untuk menetapkan pimpinan DPR RI, Ketua DPR Provinsi, Wakil Ketua DPR Provinsi, Ketua DPRD Kabupaten/ Kota, Wakil Ketua Kabupaten/ Kota, adalah wewenang Ketua Dewan Pembina. Oleh karena itu, kita bentuk tim untuk menseleksi nama-nama dimaksud," kata Muzani di kediaman Prabowo, Hambalang Bogor, Jawa Barat, Jumat 19 Juli 2019.

Prabowo pun mendengar saran dan masukan dari Anggota Dewan Pembina lain dalam menentukan posisi strategis tersebut. Rapat di jajaran Dewan Pembina juga dimaksud menyepakati rekomendasi agar dilakukan konsilidasi secara menyeluruh di semua tingkatan.

"Kemudian di tingkat kader, kita terus lakukan kaderisasi. Karena akar perjuangan kita adalah partai politik. Sehingga partai melalui kadernya diikutkan dengan latihan- latihan agar peningkatan SDM," ujarnya.

Muzani mengatakan, Prabowo menilai modal politik dari Pilpres 2019 agar terus dikuatkan. Tantangan ke depan yaitu agar Gerindra juga menyoroti kondisi ekonomi politik secara global yang kemungkinan berimbas ke Tanah Air.

Hal itu dibahas karena menyangkut kebijakan- kebijakan yang akan diambil partai depannya. "Agar kita menguatkan internal kita. Ini modal yang kita miliki hasil pemilu 2019 dan kira harus siap menghadapi itu," kata dia. (ren)