Halo
Pembaca

Berita

Bola

Sport

Otomotif

Digital

Showbiz

Gaya Hidup

in-depth

Lintas

Blog

Informasi

Senin, 22 Juli 2019 | 15:03 WIB

Ketua Umum PAN Tolak Mentah-mentah Syarat Rekonsiliasi Amien Rais

Team VIVA »
Mohammad Arief Hidayat
Anwar Sadat
Foto :
  • Dok. PAN.
Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan.

VIVA – Ketua Umum Partai Amanat Nasional, Zulkifli Hasan, mengaku tak sependapat dengan Amien Rais yang menyatakan pembagian porsi 55 persen banding 45 persen dalam pemerintahan sebagai syarat rekonsiliasi.

Zulkifli menolak mentah-mentah persyaratan yang diajukan Amien, karena menurutnya, rekonsiliasi atau perdamaian politik semestinya tanpa syarat. "[Rekonsiliasi] Enggak pakai syarat-syarat," katanya di kompleks parlemen, Jakarta, Senin, 22 Juli 2019.

Baca Juga

Pemilu, katanya, adalah proses pemberian mandat dari kedaulatan rakyat kepada seseorang untuk memimpin. Kini Joko Widodo yang mendapatkan mandat itu memimpin Indonesia dan biarlah Jokowi menjalankan tugasnya.

Zulkifli mengingatkan kepada siapa pun bahwa kedaulatan rakyat di atas segalanya, dan karena itu, semua harus menghormati mandat rakyat yang telah diberikan kepada Jokowi.

Terpopuler

Karena telah mendapatkan mandat rakyat, maka Jokowi memiliki hak prerogatif untuk menunjuk siapa saja yang akan menjadi pembantunya atau mengisi posisi menteri-menteri. PAN dalam hal ini menghormati hak prerogatif Presiden Jokowi.

"Oleh karena itu kita enggak pakai syarat-syarat; kita mendukung agar Pak Jokowi sukses memimpin Indonesia," ujarnya.

Topik Terkait
Saksikan Juga
Lagu "Suket Teki" Warnai Perpisahan Kabinet Kerja
BERITA - 1 hari lalu