Tanpa Megawati, Ketum Koalisi Jokowi Bolak-balik Temui Surya Paloh

Ketua Umum Nasdem Surya Paloh
Sumber :
  • VIVA.co.id/Reza Fajri

VIVA – Sejumlah ketua umum partai koalisi pendukung Jokowi-Ma'ruf Amin, terlihat bolak-balik ke kantor DPP Partai Nasdem, Senin 22 Juli 2019. Mereka yang sejak siang sudah datang, kembali hadir menemui Ketua Umum Partai Nasdem, Surya Paloh.

Pantauan VIVA, para ketua umum yang hingga dua kali datang ialah, Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar atau Cak Imin; Plt Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Suharso Monoarfa; dan terakhir sore tadi Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto.

Mereka sebelum pukul 18:00 telah keluar. Namun, satu per satu datang lagi bergantian, setelah pukul 20:00.

Tidak diketahui secara spesifik, hal yang dibahas. Namun, Cak Imin saat dikonfirmasi pada kehadiran pertamanya, berkilah menemui Surya Paloh dalam rangka membahas paket pimpinan MPR.

Seperti diketahui, empat ketua umum yang bertemu ini masih punya kursi di parlemen di luar Partai Hanura.

"Pokoknya [pertemuan] tadi hanya kekeluargaan dan menjaga kebersamaan partai-partai koalisi. Belum, belum ada pembahasan [ketua MPR]. Yang ada, pokoknya koalisi solid," ujar Cak Imin.

Sementara itu, Suharso, yang datang lagi mengungkapkan, pertemuan dengan Surya Paloh karena ada hal yang perlu dibicarakan kembali.

"Ada rundingan lagi kayaknya, saya dipanggil lagi ini. Ada apa ya?" kata Suharso.

Terkait tidak hadirnya Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri, Sekjen Partai Nasdem, Johnny G. Plate menjelaskan bahwa kehadiran ini turut diketahui Presiden kelima RI tersebut.

Sebagai yang senior, kata Johnny, pada waktunya ketua umumnya mendatangi Megawati. Ia juga menyebut, pertemuan ini rutin dilaksanakan.

"Mereka (Megawati - Surya Paloh) saling kontak saja, kebetulan Pak Surya lagi di kantor. Jadi, mereka datang," ujar Johnny. (asp)