Nasdem: Koalisi Sudah Sehat, Jangan Ada Virus yang Buat Lemah

Elite Ketum parpol pendukung Jokowi
Sumber :
  • VIVA.co.id/Eduward Ambarita

VIVA – Sekretaris Jenderal Nasdem, Johnny G. Plate mengungkapkan, hasil pertemuan empat ketua umum koalisi Jokowi. Salah satu pertemuan itu, terkait Koalisi Indonesia Kerja merasa sudah solid, sehat, dan kuat, sehingga belum terpikir menambah anggota.

"Empat ketua umum itu sampai pada satu titik pandangan dan pendapat yang sama. Pertama, bahwa koalisi KIK itu sudah solid sehat dan kuat. Sehingga, harus dijaga dai dipertahankan," kata Johnny di komplek parlemen, Jakarta, Selasa 23 Juli 2019.

Ia melanjutkan, dalam pertemuan tersebut mereka belum berpikir melebarkan koalisi. Justru, mereka ingin menjaga soliditas koalisi pendukung Jokowi.

"Mengapa itu? Karena, saat ini koalisinya sangat sehat dan kuat. Berbeda dengan tahun 2014, di mana 2014, koalisinya solid, tetapi tak cukup kuat karena minoritas di parlemen," kata dia.

Menurutnya, kesehatan koalisi jangan dibuat menjadi poros yang tak sehat. Maka itu, harus dijaga supaya tetap sehat.

"Jangan ada virus-virus yang membuat koalisinya menjadi lemah. Nah, itulah kira-kira untuk menjaga agar koalisinya kuat," kata Johnny.

Dia menjelaskan, koalisinya sama sekali tak menolak anggota koalisi, hanya saja belum terpikir hal tersebut.

"Sampai saat ini, saya belum tahu tuh apa manfaatnya. Tolong kasih tahu dong, apa manfaatnya. Jangan hanya tanya masuk-masuk, kita kan harus perlu ada manfaat berkoalisi," katanya.

Kemudian, dia menambahkan,, berkoalisi harus yang terjaga secara baik. Juga harus atas dasar saling percaya yang kuat. Termasuk, juga koalisi harus punya riwayat politik yang kuat.

"Kita ingin koalisi itu betul-betul kerja sama politik. Bukan koalisi pura-pura, kerja sama politik," ujarnya. (asp)