Jokowi: Koalisi Rukun, Lebih Solid dari Sebelumnya

Presiden Jokowi
Sumber :
  • VIVA.co.id/Agus Rahmat

VIVA – Presiden Joko Widodo, menepis anggapan bahwa koalisi pendukungnya, retak. Hal ini terkait perbedaan pendapat mengenai apakah ada tambahan anggota koalisi baru atau tidak. 

Jokowi mengatakan, bahwa saat ini partai pendukung semakin solid. 

"Koalisi tetap rukun-rukun saja. Lebih solid dari yang sebelumnya," kata Jokowi, saat menghadiri pembubaran Tim Kampanye Nasional (TKN), di Restoran Seribu Rasa, Menteng Jakarta, Jumat sore 26 Juli 2019.

Kabar-kabar adanya penambahan partai di koalisi, dikatakan Jokowi, hingga kini belum dibicarakan. Jokowi mengatakan, pertemuan formal saja belum dilakukan apalagi menambah partai. 

"Sampai saat ini kita belum berbicara mengenai penambahan koalisi. Kita, partai-partai pendukung kita belum pernah berkumpul berbicara mengenai koalisi. Penambahan koalisi belum," katanya. 

Saat ini, jika melihat komposisi parlemen 2019-2024, mayoritas adalah partai pendukung pemerintah. Lebih dari 60 persen suara, sudah dikuasai. 

Ada PDIP, PKB, PPP, Nasdem, Golkar. Sementara yang di luar pendukung adalah Gerindra, PAN dan PKS. Jokowi pun mengakui, dengan koalisi partai yang ada sekarang, koalisi sudah kuat. 

"Kalau tanya kekuatan, sudah cukup," katanya. [mus]