Megawati dan Surya Paloh Diisukan Retak, Jokowi: Apa sih, Biasa

Presiden Jokowi dan Megawati saat makan malam di Istana Batu Tulis
Sumber :
  • Sekjen PDIP

VIVA – Presiden Terpilih 2019-2024 Joko Widodo menilai wajar apabila Megawati Soekarnoputri bertemu dengan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto. Begitu juga Surya Paloh yang diketahui bertemu Anies Baswedan hingga soal Pemilu 2024 kemudian disinggung.

Pertemuan politik baik antara Megawati-Prabowo juga Surya Paloh-Anies terjadi pada hari yang sama sehingga memicu reaksi publik soal adanya keretakan hubungan antara Mega dan Surya Paloh.

Namun Jokowi menganggap, pertemuan kedua pihak itu adalah suatu yang wajar saja. Tidak ada masalah. 

"Ya kan sahabat baik. Berhubungan baik sejak lama. Kalau Pak Prabowo ketemu Bu Mega ya biasa, ya kan. Pak Surya Paloh ketemu Pak Anies ya biasa. Apa sih, biasa," kata Jokowi saat dia menghadiri pembubaran TKN di Restoran Seribu Rasa, Menteng Jakarta, Jumat sore 26 Juli 2019.

Jokowi membantah bahwa pertemuan itu sebagai bukti adanya keretakan di koalisi pendukungnya. Ia menyebut koalisi partai pendukungnya hingga saat ini solid. 

"Sudah saya sampaikan koalisi baik-baik saja. Solid-solid saja. Solid banget," kata mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

Megawati diketahui bertemu Prabowo pada Rabu 24 Juli 2019. Pertemuan berlangsung di kediaman Megawati di Jalan Teuku Umar Menteng itu adalah yang pertama pascapilpres di mana keduanya berbeda koalisi. Sejumlah kalangan menganggap pertemuan itu sebagai pintu masuk Gerindra ke dalam koalisi pemerintah. 

Pada hari yang sama, Surya Paloh bertemu Gubernur DKI Anies Baswedan di kantor DPP NasDem di Gondangdia. Anies dalam beberapa survei diketahui masuk sebagai salah satu Capres potensial 2024. Bahkan usai pertemuan, Surya Paloh terang- terangan memuji Anies dan tak ayal siap mengusung mantan Rektor Universitas Paramadina itu untuk maju ke Pilpres 2024. (ren)