Digadang Jadi Calon Wali Kota, Gibran Mau Jadi Politikus Mandiri

Gibran Rakabuming Raka
Sumber :
  • Vivanews/Fajar Sodiq

VIVA – Putra sulung Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming Raka akhirnya buka suara terkait hasil survei yang menunjukkan tingkat popularitasnya paling tinggi dalam bursa kandidat calon Wali Kota Solo.

Gibran mengaku baru mengetahui hasil survei yang dilakukan Laboratorium Kebijakan Publik Unisri Solo pada hari kemarin. Dalam kesempatan itu, ia pun mengapresiasi warga Solo yang telah menjadi responden dalam survei tersebut.

"Terima kasih sekali untuk warga Solo yang telah memberikan penilaian positif untuk saya. Terima kasih sekali," kata Gibran saat dia tengah berjalan-jalan di Solo Paragon Mall mendampingi Presiden Jokowi di Solo, Jawa Tengah, Sabtu malam, 27 Juli 2019.

Sedangkan terkait tindak lanjut dari survei tersebut, Gibran menegaskan bahwa dalam keluarganya pilihan karier dan politik sangat demokratis. Selain itu, ia sejak dahulu memang telah memegang prinsip untuk mandiri.

"Di keluarga saya itu bapak dan ibu sangat demokratis dan dari dahulu prinsip saya harus mandiri. Jadi kalau jadi pengusaha ya pengusaha mandiri, kalaupun nanti jadi politikus ya politikus mandiri," katanya.

Dengan prinsip seperti itu, suami Selvi Ananda itu mengatakan bahwa Presiden Jokowi sebagai orangtuanya tidak pernah memaksakan apa pun maupun mengarahkan dia ke jalur politik.

"Tidak pernah mengarahkan harus ke sana dan ke sini enggak, semuanya bebas. Semuanya yang penting harus mandiri," katanya.
 
Meskipun dari hasil survei tingkat popularitas paling unggul namun Gibran hingga saat ini mengaku masih beraktivitas bisnis saja. 

"Masih fokus menjalani bisnis, masih fokus ekspansi bisnis. Tapi itu tadi intinya, kalau jadi pengusaha ya pengusaha mandiri, kalau jadi politikus ya harus jadi politikus mandiri," kata Gibran.