Halo
Pembaca

Berita

Bola

Sport

Otomotif

Digital

Showbiz

Gaya Hidup

in-depth

Lintas

Blog

Informasi

Senin, 29 Juli 2019 | 18:35 WIB

Elite PAN: Oposisi juga Berwibawa

Team VIVA »
Hardani Triyoga
Lilis Khalisotussurur
Foto :
  • VIVA.co.id / Eduward Ambarita
Bendera Partai Amanat Nasional

VIVA – Ketua DPP Partai Amanat Nasional atau PAN, Ali Taher Parasong menilai, menjadi partai oposisi juga dinilai berwibawa. Namun, ia menekankan, memang dalam mengkritik tak perlu politik sambil memaki-maki.

"Itu saya kok rasa-rasanya parpol oposisi kan juga berwibawa, tidak masuk-masuk pemerintahan. Kalau saya pribadi, marilah kita membangun demokrasi, tak mesti melulu duduk di kekuasaan," kata Ali di komplek parlemen, Jakarta, Senin 29 Juli 2019.

Baca Juga

Menurutnya, oposisi sangat penting untuk melakukan koreksi terhadap jalannya pemerintahan. Di negara maju dan demokratis, misalnya Selandia Baru, oposisi sangat berwibawa.

"Dihargai, tetapi juga memberi kontribusi pada perubahan kehidupan politik yang berbudaya. Jangan ada politik maki-maki, enggak usah, politik yang saling menghargai, yang ada intelektualnya. Ada religiusnya," lanjut Ali.

Terpopuler

Ia pun, secara pribadi lebih senang berada di oposisi. Sebab, oposisi sama pentingnya dengan kekuasaan.

"Proses budaya bangsa itu muncul, karena ada oposisi. Jepang maju, karena ada oposisi. Korea Selatan muncul, perdana menteri bisa ganti seminggu sekali bisa kok, kenapa karena ada oposisi, dan berwibawa dan berharga," kata Ali.

Kemudian, Ali pun meminta, agar jangan menempatkan oposisi sebagai orang yang terbuang. "Bagian dari partnership pemerintah untuk membangun bangsa ini yang berkarakter," kata Ali.

Usai Pilpres 2019, sikap PAN masih belum pasti. Sebagian elite mengisyaratkan PAN kemungkinan besar akan bergabung dengan pemerintahan Jokowi periode 2019-2024.

Namun, ada pertentangan dari tokoh senior PAN, Amien Rais. Amien secara tegas meminta agar PAN tak bergabung dengan koalisi Jokowi hanya demi kursi menteri. (asp)

Topik Terkait
Saksikan Juga
Soal Susunan Kabinet, Ini Kata Presiden Jokowi
BERITA - sekitar 1 bulan lalu