33 DPD Golkar Sumut Deklarasi ke Airlangga Ditegaskan Dukungan Resmi

Ketum Airlangga Hartarto bersama elite partai Golkar.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Nurul Ramadhan

VIVA – 33 DPD Golkar kabupaten/kota se-Sumatera Utara mendeklarasikan dukungan terhadap Airlangga Hartarto untuk maju kembali sebagai calon Ketua Umum Golkar periode 2019-2024. Deklarasi ini ditegaskan dukungan murni bukan karena ada paksaan.

Pengurus biro DPD Golkar, Zainal Arifin Sinambela mengatakan deklarasi 33 DPD Golkar Sumut adalah proses yang lewat mekanisme serta keputusan secara resmi.

"Tak ada paksaan apalagi pemecatan, ngaco itu! Itu dukungan resmi, tanpa paksaan," kata Zainal kepada wartawan, Raabu, 31 Juli 2019.

Zainal menjelaskan meski dirinya pengurus biro namun ikut rombongan DPD I Golkar Sumut dalam rapat harian pleno yang diperluas dengan DPD Golkar kabupaten/kota. Menurut dia, dalam pleno tersebut dihadiri pihak yang berkepentingan. "Di setiap daerah pleno dihadiri pengurus DPD II, dewan penasehat, pimpinan kecamatan, utusan sayap dan ormas pendiri," jelas Zainal.

Terkait munculnya isu rapat pleno diperluas itu paksaan, Zainal menepisnya. Dia menjelaskan, pleno berlangsung terbuka dan demokratis. Kata dia, Plt. Ketua DPD Golkar Sumut Ahmad Doli Kurnia Tanjun selama kepemimpinannya dinilai berhasil membangun kebersamaan dan soliditas dengan para pimpinan DPD kabupaten/kota.

"Suasananya sangat terbuka dan demokratis, tidak ada paksaan saat diambil keputusan mendukung Airlangga. Kalau ada bilang dipaksa, itu ngaco. Mereka kan tidak hadir, jangan asal bicara," ujar Zainal.

Zainal menambahkan dukungan terhadap Airlangga sudah diserahkan langsung pada Senin, 29 Juli 20119 di Le Polonia Hotel Medan. Turut dalam penyerahan dukungan itu, Ahmad Doli selaku Plt Ketua Golkar Sumut dan Sekretaris Golkar Sumut, Riza Fakhrumi Tahir.

Sebelumnya, isu bermunculan terhadap dukungan 33 Golkar se kabupaten/kotamadya terhadap Airlangga karena ada paksaan.

Adapun saat deklarasi dukungan pada dua hari lalu, Airlangga langsung hadir. Menteri Perindustrian itu optimis bisa terpilih kembali menjadi Ketua Umum Golkar periode 2019-2024.

Ia mengklaim sudah mendapatkan dukungan mencapai 87 persen dari pengurus Golkar di daerah.

"Jadi, sudah 100 persen daerah (Pulau) Sumatera memberikan dukungan tertulis dan melalui pleno. Secara nasional 87 persen," kata Airlangga, usai menghadiri ‘Deklarasi Dukungan DPD Golkar Aceh-Sumut kepada Airlangga Hartarto’ di Hotel Polonia, Medan, Senin, 29 Juli 2019. (sah)