Koalisi Jokowi Yakin Ma'ruf Amin Diajak Diskusi Soal Kabinet Baru

Sekjen Nasdem, Johnny G Plate.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Lilis Khalisotussurur

VIVA – ?Sekjen Nasdem, Johnny Plate, memastikan Wapres terpilih Ma'ruf Amin ikut terlibat dalam pembahasan kabinet pemerintahan baru Jokowi-Ma'ruf. Tapi diutarakannya kabinet memang saat ini belum disusun.

"Ya Pak Ma'ruf pasti terlibatlah, masa enggak terlibat. Saat ini kan belum, Pak Jokowi juga belum susun," kata Johnny menjawab pertanyaan wartawan apakah Ma'ruf dilibatkan dalam penyusunan kabinet, Rabu 31 Juli 2019.

Ia meyakini soal kabinet yang akan disiapkan Jokowi akan dibicarakan dengan Ma'ruf. Namun, saat ini partai koalisi Jokowi-Ma'ruf belum mengirim profil kandidat kader partai yang ingin dicalonkan sebagai menteri. 

"Pak Jokowi kan menyampaikan bahwa dari pada partai itu belum kirim CV (curriculum vitae)," katanya.

Ia menceritakan dulu Wapres Jusuf Kalla juga terlibat dalam menyusun kabinet, begitu pun dengan Ma'ruf. Sebab ketika menyebut Jokowi secara otomatis di dalamnya ada Ma'ruf, dan sebaliknya.

"Pembicaraan kiai Ma'ruf Amin dengan Pak Jokowi hal yang normal saja. Mereka berdua kan satu kotaknya. Pemerintah. Presiden dan wakil presiden terpilih," kata Johnny.

Hal yang sama juga diutarakan oleh Politisi PKB, Abdul Kadir Karding. Dia meyakini baik Jusuf Kalla maupun Ma'ruf akan diajak diskusi soal kabinet.

"Kiai Ma'ruf dan Pak Jusuf Kalla diajak untuk mendiskusikan dan membicarakan soal formula susunan kabinet yang akan datang," kata Karding.