Airlangga Sebut Ketua MPR 2019-2024 Jadi Milik Golkar

Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto
Sumber :
  • Dok. Golkar

VIVA – Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto, memastikan bahwa jabatan ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat periode 2019-2024 jatuh ke tangan partai berlambang pohon beringin ini.

Kepastian itu disampaikan Airlangga saat menerima deklarasi dukungan dari DPD Golkar DIY dan Jateng di Yogyakarta, Jumat, 2 Agustus 2019.

Airlangga menerangkan jika kepastian Partai Golkar mendapat jatah Ketua MPR ini berdasarkan dari UU MD3 dan kesepakatan beberapa partai.

“Untuk MPR sesuai MD3 adalah paket. Di antara paket itu sudah disepakati yang memimpin adalah dari Partai Golkar,” ujar Airlangga.

Menteri Perindustrian ini mengaku Golkar telah menyiapkan nama-nama yang akan dipilih menjadi Ketua MPR. Meski demikian, Airlangga masih enggan menyebut siapa saja kader Golkar yang akan menjadi ketua MPR.

“Jabatan MPR kita sudah menyiapkan koalisinya. Nama-namanya nanti pada waktunya akan disiapkan. Yang disiapkan senior ada 4-5. (Nama yang diajukan) sudah beredar di koran,” ujar Airlangga.

Sedangkan untuk di pimpinan DPR, Airlangga menyebut jika Golkar mendapatkan jatah wakil ketua. Jatah itu sesuai dengan hasil Pemilu 2019 yang menempatkan Golkar di peringkat kedua partai dengan perolehan suara terbanyak.

“Paket ketua DPR sesuai MD3 adalah pemenang pemilu pertama PDIP. Golkar adalah wakilnya (wakil ketua),” terang Airlangga. (ase)