Mbah Moen yang Restunya Diperebutkan di Pilpres 2019

Presiden Jokowi berdoa bersama Mbah Moen dan Habib Luthfi beberapa waktu silam.
Sumber :
  • istimewa

VIVA – KH Maimoen Zubair atau Mbah Moen Zubair meski sudah sepuh masih sangat dipandang. Kiai kharismatik asal Rembang itu sempat menjadi perhatian tatkala restunya bak diperebutkan oleh para pasangan calon presiden dan calon wakil presiden pada perhelatan Pemilu 2019 tersebut.

Diketahui baik Joko Widodo mendatangi Mbah Moen pada kampanye Pemilu 2019. Namun lebih awal, Prabowo juga sowan kepada Mbah Moen. 

Mbah Moen lahir di Rembang, Jawa Tengah pada 28 Oktober 1928. Dia meninggal dunia di Mekah pada subuh tadi yakni 6 Agustus 2019. Mbah Moen berpulang pada usia 90 tahun.

Bahkan sempat mencuat isu saling klaim dukungan Mbah Moen apakah ke calon 01 atau 02 kala itu.

Apalagi pada saat Jokowi sowan ke Mbah Moen di Ponpes Al-Anwar, Kiai sepuh tersebut dianggap keliru menyebut nama saat memberikan doa yang seharusnya menyebut Jokowi menjadi Prabowo. 

Video itu kemudian viral. Pihak BPN 02 menilai bahwa salah ucap itu bak pertanda. Namun akhirnya muncul video kedua yang mana Mbah Moen mengatakan bahwa doanya ditujukan kepada Jokowi. Hal itu juga sempat ditegaskan oleh Romahurmuziy yang kala itu masih menjabat sebagai Ketua Umum PPP dan dikenal cukup sering berkunjung ke Mbah Moen.

"Banyak orang tanya saya milih siapa, ya saya jawab. Jadi tidak mengajak, semua mempunyai kebebasan masing-masing. Yakni yang paling dekat saya pada malam ini, Jumat Pahing. Apa yang saya ucapkan ini menjadi salah satu pilihan pribadi saya dan kepada siapapun, wallahu a'lam," kata Mbah Moen saat itu.