Fadli Zon Berharap Gerindra Dapat Jatah Kursi Ketua MPR

Fadli Zon.
Sumber :
  • VIVA/Lilis Khalisotussurur

VIVA – Wakil Ketua Umum Gerindra Fadli Zon berharap, fraksi-fraksi DPR bisa menyepakati Gerindra menempati kursi ketua MPR. Sebab, Gerindra memiliki perolehan suara nasional kedua terbesar dalam Pileg 2019.

"Kita berharap kalau bisa disepakati Gerindra sebagai partai kedua terbesar suara dalam perolehan, saya kira itu yang kita ingin harapkan," kata Fadli di kompleks parlemen, Jakarta, Rabu 7 Agustus 2019.

Ia menilai saat ini masih ada sekitar dua bulan jelang pemilihan paket pimpinan MPR. Maka itu, masih banyak waktu untuk melakukan komunikasi politik dan silahturahmi politik.

"Jadi pasti akan berbicara dan akan duduk. Semua (fraksi) lah kita jajaki," kata Fadli.

Sebelumnya, pimpinan MPR akan dipilih melalui sistem paket. Fraksi-fraksi dari koalisi pemerintah menginginkan bisa menentukan posisi ketua MPR dengan musyawarah mufakat.

Adapun Golkar dan PKB masing-masing juga merasa berhak untuk mendapatkan kursi ketua MPR. Golkar merasa berhak karena tingginya perolehan suara pileg. Sementara PKB merasa figur Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin dianggap pantas menempati posisi tersebut. [mus]