Surya Paloh: Pemerintah Berharap Paket MPR Diisi Koalisi yang Solid

Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh usai konsolidasi dengan kader di kantor Badan Pemenangan Pemilu Nasdem Jatim di Surabaya pada Sabtu malam, 9 Februari 2019.
Sumber :
  • VIVA/Nur Faishal

VIVA – Ketua DPP Partai NasDem, Surya Paloh, menampik jika kursi Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) sudah ditetapkan menjadi milik Partai Golkar. Ditemui di arena Kongres PDIP di Hotel Grand Inna Bali Beach Sanur, Denpasar, Surya Paloh menegaskan jika komposisi di pucuk pimpinan MPR belum ditentukan.
 
“Belum sampai ke tahap itu (ditetapkan menjadi jatah Golkar). Harus ada pembicaraan lebih lanjut,” kata Paloh, Kamis 8 Agustus 2019. Paloh mengakui jika komposisi pucuk pimpinan MPR adalah agenda yang tengah dibahas oleh partai pengusung Jokowi-Ma’ruf Amin yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Kerja (KIK).

Apalagi, kata Paloh, pemerintah sendiri berharap agar paket pimpinan MPR diisi oleh koalisi yang seiring sejalan dengan kebijakan pemerintah. “Saya kira ya, kita yakin paket MPR itu. Demikian suara pemerintah pun menginginkan agar paket MPR ini didukung oleh koalisi yang solid,” katanya.

Pembahasan intensif di internal partai koalisi pendukung Jokowi-Ma’uf Amin menjadi penanda jika hubungan mereka baik-baik saja, tak seperti isu beredar jika mulai terjadi keretakan, utamanya antara PDIP dan Partai NasDem. “Tidak ada keretakan,” ujarnya menegaskan.