Persiapan HUT RI Ke-74, Sekjen DPR: Akan Ada Pesta Rakyat

Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPR RI Indra Iskandar.
Sumber :

VIVA – Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPR RI Indra Iskandar mengatakan saat ini Sekretariat Jenderal (Setjen) dan Badan Keahlian (BK) DPR RI tengah menyiapkan rangkaian kegiatan guna memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) DPR RI ke 74 pada tanggal 29 Agustus 2019 mendatang. Indra juga menyampaikan bahwa pada tanggal 31 Agustus 2019, akan diadakan Pesta Rakyat yang dapat diikuti dan disaksikan masyarakat luas.

“Ulang Tahun DPR RI yang ke 74 ini nanti akan ada Sidang Paripurna soal kinerja yang akan disampaikan Ketua DPR, itu yang berkaitan dengan kedewanan. Juga akan ada hiburan seperti tahun lalu yang melibatkan masyarakat luas,” kata Indra Iskandar usai memimpinn rapat koordinasi persiapan memperingati HUT DPR RI ke 74 di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Rabu (14/8/2019).

Lebih lanjut, Indra menjelaskan, dalam laporan kinerja yang nantinya akan disampaikan Ketua DPR RI pada tanggal 29 Agustus akan dipaparkan program-program yang sudah dan belum tercapai. Tentunya karena ini merupakan akhir periode diharapkan dapat menghantarkan DPR ke depan yang lebih baik lagi. Baik dalam aspek fungsi anggaran, pengawasan maupun legislasi.

“Banyak legislasi yang belum tuntas, termasuk juga produk legislasi yang sifatnya sudah final namun belum dituntaskan secara persidangan. Kita berharap ke depan PR-PR legislasi ini bisa diselesaikan dengan baik,” tegasnya.

Momentum peringatan HUT DPR RI diharapkan mendapatkan anemo positif dari seluruh masyarakat, Indra Iskandar mengatakan bahwa DPR RI yang merupakan pengejewantahan dari rakyat, jadi kegiatan apapun yang kita lakukan harus mencerminkan aspek-aspek yang melibatkan masyarakat yang bersifat pendidikan maupun hiburan dan partisipatif lainnya.   

Pada rangkaian kegiatan Pesta Rakyat akan diadakan perlombaan yang sifatnya hiburan dan bisa diikuti oleh masyarakat luas, diantaranya Sepeda Santai, Panjat Bambu Betung, Festival Musik, Pameran Burung, Melukis, Lomba Kritik DPR, dan Stand Up Komedi. “Lomba Kritik DPR juga penting untuk menangkap masukan masyakat terhadap bagaimana DPR yang ideal ke depan,” pungkas Indra