Pesan Ketua DPR Tanggapi Kerusuhan Papua Barat

Ketua DPR RI Bambang Soesatyo.
Sumber :

Ketua DPR RI Bambang Soesatyo meminta saudara-saudara sebangsa di Papua bisa menahan diri, begitu pun dengan berbagai pihak lainnya dari mulai aparat TNI/Polri, Pemerintah Daerah hingga berbagai elemen masyarakat. Jangan sampai para provokator memanfaatkan situasi untuk memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa.

"Dari sejak awal perjuangan kemerdekaan hingga kini, Papua adalah bagian dari NKRI. Masyarakat Papua adalah masyarakat Indonesia. Tidak ada perbedaan, tidak ada perpecahan. Bahkan, pada tahun 1956 saat berpidato di Kongres Amerika Serikat, Bung Karno dengan tegas menyatakan Indonesia belum sempurna manakala Papua belum kembali ke pangkuan," ujar Bamsoet menyikapi kejadian di Papua baru-baru ini, Jakarta, Rabu (21/08).

Bagi Kepala Badan Bela Negara FKPPI ini, kejadian pembakaran sejumlah fasilitas umum, seperti Gedung DPRD Papua Barat dan gedung show room mobil di Manokwari pada Senin lalu (19/8), ataupun yang terbaru berupa pembakaran Pasar Tradisional Tambaruni di Kota Fak-Fak, Papua Barat dan perusakan fasilitas Kantor Bank Rakyat Indonesia pada Rabu (21/8), tidak boleh melebar lebih jauh. 

"Kita tentu menyayangkan berbagai tindakan rasis dan diskriminatif yang sebelumnya sempat terjadi terhadap saudara-saudara kita warga Papua. Saya yakin kebesaran hati masyarakat Papua akan bisa memberikan maaf," tandas Bamsoet, sapaan akrab Ketua DPR.

Bendahara Umum DPP Partai Golkar 2014—2016 ini berharap bangsa Indonesia bisa memetik pelajaran atas peristiwa ini. Jangan lagi ada yang merasa lebih unggul dari saudara sebangsa lainnya. Indonesia adalah rumah besar yang nyaman bagi semua suku, agama, ras, dan golongan. Bukan milik salah satu kaum saja.

"Walikota Malang, Walikota Surabaya, Gubernur Jawa Timur serta jajaran Pemerintah Pusat sudah berkoordinasi dengan Pemerintah Daerah Papua dan Papua Barat. Insya Allah, berkat doa dan kerja sama semua pihak, tanah Papua bisa kembali damai," pungkas Bamsoet.