Kronologi Aksi Massa di Depan Kantor KPK, Copot Kain Hitam

Karangan bunga dibakar di depan gedung KPK
Sumber :
  • istimewa

VIVA – Aksi massa yang berlangsung di depan kantor Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Jl Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Jumat siang, 13 September 2019 semakin memanas. 

Dilansir dari VIVAnews,  massa dari berbagai elemen masyarakat berusaha untuk masuk ke halaman kantor KPK untuk mencopot kain hitam yang menutupi logo KPK sejak beberapa hari lalu.

Massa berlarian dari luar menuju tempat logo KPK yang tertutup kain hitam. Massa pun berusaha membuka kain hitam itu sebagai perlawanan dari aksi para pegawai KPK yang sebelumnya protes terhadap kebijakan Pansel Capim KPK dan DPR RI.

Petugas kepolisian serta keamanan KPK yang berjaga, berusaha menenangkan massa untuk tidak melepas kain hitam yang menutupi logo KPK tersebut. 

Berulang kali dicegah, massa beralih dengan membakar sejumlah karangan bunga yang ada  di depan kantor antirasuah tersebut. Api sempat membesar dan asap tebal membumbung sebelum berhasil dipadamkan petugas kepolisian.

Aksi dorong mendorong juga sempat mewarnai yang awalnya hanya mendukung rencana revisi UU KPK itu.  Akibat aksi ini, sejumlah pegawai KPK berhamburan keluar kantor untuk menahan massa yang hendak mencopot kain hitam yang menutupi logo KPK.

Ditengahi kepolisian, adu mulut mewarnai massa dengan pegawai KPK. Sampai akhirnya, oknum massa berhasil mencopot logo KPK yang sebelumnya tertutup kain hitam tersebut.