Kata Sekjen PDIP soal Keretakan Hubungan Megawati-Surya Paloh

Hasto Kristiyanto
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA – Hubungan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri dan Ketua Umum Partai Nasional Demokrat (NasDem) menjadi perbincangan publik setelah Mega tampak tak menyalami Paloh saat pelantikan anggota DPR pada Selasa, 1 Oktober 2019 kemarin. Momen tersebut terekam salah satu kamera televisi swasta dan menjadi viral di dunia maya.

Disinggung soal adanya keretakan hubungan antara keduanya, Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto membantahnya. Menurut dia, itu hanya drama politik yang dibuat segelintir pihak. Bahkan, dia mengatakan, Mega dan Paloh sempat melakukan diskusi secara intens saat pertemuan partai koalisi di Istana Bogor, Jawa Barat, Senin, 30 September 2019.  

"Jadi hubungannya baik-baik saja. Hanya kenyataan saat ini, apalagi dengan perkembangan media sosial dan media online, ada kecenderungan menguatnya politik drama di Indonesia," kata dia, Kamis, 3 Oktober 2019, seperti dikutip dari VIVAnews.

Karena itu, menurut Hasto, pemberitaan semacam itu justru membuat para Sekjen Koalisi Indonesia Kerja tertawa. Dia mengatakan bahwa hubungan Megawati dengan ketua umum partai koalisi, termasuk dengan Surya Paloh masih solid. Begitu juga hubungan dengan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) baik-baik saja. Mereka sempat bertemu beberapa waktu lalu dalam suasana yang akrab.

Hasto pun menegaskan bahwa bagi PDIP, politik itu ideologis, substansif dan berkeadaban, bukan drama. Apalagi, saat pertemuan dengan Presiden Joko Widodo, Megawati, Airlangga Hartarto, Surya Paloh, Muhaimim Iskandar, dan Suharso Manoarfa menyampaikan gagasan konstruktif dan semua berkolaborasi untuk memastikan terciptanya suasana politik yang kondusif.

"Dengan demikian, dalam hal gagasan politik, kerja sama politik kuat sekali, saling paham di antara pemimpin," tuturnya.

Seperti diketahui, video Mega nyuekin Palon viral kemarin. Saat itu, Megawati menyalami sejumlah tokoh politik yang dilewatinya. AHY memberi senyuman dan salam sambil membungkukkan badan, namun ketika AHY ingin mengajak salaman Mega, ibunda Puan Maharani itu tak melihatnya.

Setelah itu, Mega bersalaman dan tersenyum dengan Plt Ketua DPD Golkar Jakarta Rizal Mallarangeng, yang berada di sebelah AHY. Ketika Mega melihat Surya Paloh yang berdiri di samping Rizal, Mega melewatinya dan terlihat membuang muka ke kiri.

Surya Paloh pun akhirnya duduk kembali. Namun Mega tersenyum dan menyalami Ketua Umum PPP Suharso Manoarfa yang berada di samping Surya Paloh.