Halo
Pembaca

Berita

Bola

Sport

Otomotif

Digital

Showbiz

Gaya Hidup

in-depth

Lintas

Blog

Informasi

Kamis, 3 Oktober 2019 | 18:06 WIB

Bambang Soesatyo Selangkah Lagi Jabat Ketua MPR

Team VIVA »
Lazuardhi Utama
Eduward Ambarita
Foto :
Ketua DPR RI Bambang Soesatyo.

VIVA – Siapakah ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) periode 2019-2024? Usai rapat gabungan antara perwakilan seluruh fraksi di MPR dan utusan DPD, tercetus hampir mayoritas fraksi mendukung politikus Partai Golkar Bambang Soesatyo.

Dukungan ini di luar Fraksi Gerindra yang menjagokan kadernya, Ahmad Muzani. "Delapan fraksi solid mendukung Bambang Soesatyo. Tinggal melakukan musyawarah supaya dukungan menjadi lengkap," kata Ketua Fraksi Partai Nasdem di MPR, Johnny G. Plate, seperti dikutip dari VIVAnews.

Baca Juga

Ia mengatakan, delapan fraksi yang bulat mendukung Bamsoet ialah lima partai pendukung pemerintah; PDIP, Golkar, PKB, Nasdem, dan PPP. Dan tiga lainnya adalah; PKS, PAN, dan juga Demokrat.

Johnny juga mengindikasikan, satu dukungan dari kelompok DPD sebentar lagi akan didapat Bamsoet karena belum menyatakannya secara terbuka. "(DPD) sepakat dukung Bamsoet (sapaan akrab Bambang Soesatyo)," ujarnya.

Terpopuler

Hal yang senada pun dikatakan Ketua Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) di MPR, Jazilul Fawaid. Menurut dia, kata 'sepakat dan mufakat' tinggal selangkah lagi untuk penentuan kursi orang nomor satu di lembaga permusyawaratan itu.

Ia memastikan, rehat sejenak usai rapat gabungan bakal ada pernyataan resmi atau tertulis dukungan kepada Bambang Soesatyo yang datang dari 136 senator atau DPD. "Tinggal dikit, tinggal dikit. Tinggal 80 persen (musyawarah mufakat ke Bamsoet)," kata Jazilul.

Proses penentuan ketua MPR akan ditentukan paripurna pada Kamis malam ini. Dinamika prosesnya sejauh ini mengerucut persaingan antara Golkar dengan Gerindra untuk perebutan kursi ketua MPR.

Golkar merekomendasikan Bamsoet sebagai kandidat ketua MPR. Lalu, Gerindra punya jagoannya yaitu Ahmad Muzani.

Topik Terkait
Saksikan Juga
Ninoy Karundeng, Goodbye Pepsi & Bamsoet Ketua MPR
BERITA - sekitar 1 bulan lalu