Halo
Pembaca

Berita

Bola

Sport

Otomotif

Digital

Showbiz

Gaya Hidup

in-depth

Lintas

Blog

Informasi

Sabtu, 19 Oktober 2019 | 15:31 WIB

Gubernur NTT Viktor Laiskodat Bakal Jadi Menteri LHK?

Team VIVA »
Jujuk Ernawati
Syaefullah
Foto :
  • partainasdem.id
Viktor Laiskodat

VIVA – Joko Widodo dan Ma'ruf Amin akan dilantik menjadi presiden dan wakil presiden periode 2019-2024 pada Minggu besok, 20 Oktober 2019. Setelah itu, presiden dua periode tersebut akan segera mengumumkan jajaran menteri dalam kabinetnya.

Salah satu nama yang dikabarkan bakal masuk dalam Kabinet Indonesia Kerja jilid II adalah Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT) Viktor Bungtilu Laiskodat. Bahkan, kabarnya mantan Gubernur DKI Jakarta itu sudah sejak lama ingin mengajak Victor menjadi menterinya.

Baca Juga

Menurut politikus Partai Nasional Demokrat (NasDem) Sugeng Suprawoto, keinginan tersebut disampaikan Jokowi saat melakukan kunjungan kerja ke NTT. Pertama, saat Jokowi melakukan kunjungan ke Labuan Bajo dan saat berkunjung ke Kupang bersama Ketua Umum NasDem Surya Paloh.  

"Memang ada indikasi ke situ (Viktor Laiskodat masuk jajaran menteri Jokowi). Sudah lama Pak Jokowi ingin Viktor Laiskodat di kabinet,"  kata dia dalam acara diskusi di Cikini, Jakarta Pusat, Minggu, 19 Oktober 2019, seperti dikutip dari VIVAnews.

Terpopuler

Adapun pos menteri yang akan ditempati Viktor, kata Sugeng, adalah Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KHLK). Pos itu pada kabinet sebelumnya juga ditempati oleh kader Partai NasDem, yakni Siti Nurbaya.

"Kemungkinan kehutanan menggantikan Bu Siti. Kalau lihat tantangannya, kehutanan misalnya di akhir kebakaran hutan mungkin Pak Jokowi punya pertimbangan lain membutuhkan sosok atau menurut pandangan Pak Jokowi tepat," tuturnya.

Kendati demikian, jadi atau tidaknya Viktor menggantikan Menteri KHLK Siti Nurbaya merupakan keputusan Jokowi. Namun jika Viktor menjadi menteri KHLK periode lima tahun ke depan, pihaknya mengaku akan mendukung penuh pemerintahan Jokowi-Ma'ruf Amin.

"Kan semua kembali ke Pak Jokowi. Saya kira itu ada hal yang lebih besar kalau diminta Pak Jokowi menyangkut tanggung jawab atau peran lebih besar," ujar dia.

Topik Terkait
Saksikan Juga
Pesona Istri Para Menteri
TVONE NEWS - sekitar 1 bulan lalu