Halo
Pembaca

Berita

Bola

Sport

Otomotif

Digital

Showbiz

Gaya Hidup

in-depth

Lintas

Blog

Informasi

Minggu, 20 Oktober 2019 | 18:38 WIB

2 Tugas Ini Sudah Menunggu Wakil Presiden Ma'ruf Amin

Team VIVA »
Lazuardhi Utama
Foto :
  • tvOne
Wakil Presiden Ma'ruf Amin.

VIVA – Ma'ruf Amin rencananya akan terbang ke Tokyo, Jepang pada Senin sore, 21 Oktober 2019 untuk mengikuti upacara pelantikan Kaisar Naruhito.

Ini merupakan tugas pertama Ma'ruf Amin usai dirinya resmi menjadi Wakil Presiden yang dilantik pada Minggu hari ini, 20 Oktober 2019.

Baca Juga

"Pak Ma'ruf Amin harus ke Jepang untuk menghadiri penobatan Kaisar. Besok sore," kata Presiden Jokowi di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, sebelum menuju Gedung DPR/MPR RI.

Namun, sebelum mantan Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) itu berangkat ke negeri Matahari Terbit, Ma'ruf Amin bersama Jokowi akan mengumumkan nama-nama menteri dan pejabat setingkat menteri di dalam kabinetnya.

Terpopuler

Presiden Jokowi juga mengatakan bahwa dia telah merampungkan formasi kabinet untuk pemerintahannya lima tahun ke depan. Semua menteri akan diperkenalkan pada Senin pagi, 21 Oktober 2019.

“(Formasi kabinet) sudah rampung. Besok dikenalkan,” ungkapnya. Sebagai informasi, Jokowi dan Ma'ruf Amin resmi menjabat sebagai Presiden dan Wakil Presiden untuk periode 2019-2024.

Keduanya dilantik dan diambil sumpah di Gedung DPR/MPR RI Minggu, 20 Oktober 2019 pukul 16.04 WIB, atau telat 1 jam 34 menit dari yang dijadwalkan.

Proses pelantikan ini berjalan selama satu jam. Berikut isi sumpah yang diucapkan Jokowi-Ma'ruf Amin:

"Bismillahirahmanirrahim. Demi Allah, saya bersumpah akan memenuhi kewajiban sebagai presiden/wakil presiden dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh Undang-Undang Dasar dan menjalankan semua undang-undang dengan selurus-lurusnya, serta berbakti kepada nusa dan bangsa," ujar Jokowi dan Ma'ruf Amin membacakan sebuah kertas secara bergantian.

Setelah itu, Jokowi-Ma'ruf Amin menandatangani berita acara dan resmi menjadi Presiden dan Wakil Presiden RI untuk periode 2019-2024, yang disaksikan oleh seluruh pimpinan MPR.

Topik Terkait
Saksikan Juga
Kejutan, Presiden Jokowi Hadiri Konser Musik Untuk Republik
TVONE NEWS - sekitar 1 bulan lalu