Halo
Pembaca

Berita

Bola

Sport

Otomotif

Digital

Showbiz

Gaya Hidup

in-depth

Lintas

Blog

Informasi

Rabu, 30 Oktober 2019 | 16:41 WIB

Prabowo Tak Mau Bebankan Negara dengan Mobil Dinas dan Gaji?

Team VIVA »
Lazuardhi Utama
Ahmad Farhan Faris
Foto :
  • VIVA/M Ali Wafa
Menhan Prabowo Subianto.

VIVA – Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dilantik menjadi Menteri Pertahanan dalam Kabinet Indonesia Maju Periode 2019-2024 oleh Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin.

Baru sepekan bertugas, Prabowo menjadi sorotan netizen karena tidak menggunakan mobil dinas, tetapi cuma mengambil pelat nomor mobil dinas untuk ditempel di mobil pribadinya.

Baca Juga

Foto mobil Alphard warna putih milik Prabowo sempat diunggah oleh pemilik akun Twitter NyaiBack @CintaNKRI08 pada Senin, 28 Oktober 2019.

"Mobil Dinas @Kemhan_RI Bapak @prabowo. MashaaAllah Bapak hanya mengambil No Plat Mobil sedang Mobil dinas Negara tidak dipakai, dan Gaji pun Tidak diambil pula. Berkah Allah untuk mu Bapak, Dan jangan Lupa Lebih sehat Bawa Makanan dan Air Minum dari Rumah #NyaiLovePrabowo," tulis akun tersebut.

Terpopuler

Sebenarnya, bukan hal yang istimewa kalau Prabowo tidak pakai mobil dinas. Soalnya, ada juga beberapa menteri atau pejabat yang menggunakan mobil pribadi.

Menanggapi hal itu, Sekretaris Kementerian Sekretariat Negara, Setya Utama, mengatakan tidak ada larangan untuk para menteri Kabinet Indonesia Maju atau pejabat negara setingkat menteri memakai kendaraan mobil pribadi.

"Silakan saja. Di kabinet sebelumnya kan banyak juga (pakai mobil pribadi)," kata Tama kepada VIVA, Selasa, 29 Oktober 2019.

Salah satu alasannya, kata dia, adalah para menteri sudah merasa tidak nyaman dengan kondisi mobil dinas yang diberikan sebagai fasilitas yakni Crown model lama atau mau space yang lebih luas.

Akan tetapi, Setya menuturkan para menteri tetap diberikan kendaraan dinas sebagai fasilitas. Saat ini, Kementerian Sekretariat Negara masih melengkapi administrasinya.

"Tetap diberikan. Baru kami cek semua dan lengkapi administrasinya. Setelah oke semua, kami berikan bersamaan nantinya," jelas dia.

Pada kesempatan terpisah, anggota DPR Fraksi Partai Gerindra, Andre Rosiade, mengatakan tidak ada masalah jika Prabowo menggunakan mobil pribadi saat ke kantor.

"Memang betul Pak Prabowo masih pakai mobil pribadi. Ini bukan hal menarik untuk didiskusikan. Tidak ada masalah," kata Andre, saat diwawancarai tvOne. Selain tidak pakai mobil dinas, Prabowo juga kabarnya tidak mengambil gajinya.

Kendati demikian, Andre belum bisa dikonfirmasi kebenaran informasi tersebut. "Kalau itu benar, kan bagus. Pak Prabowo tidak mau membebankan negara dengan pakai mobil dinas dan tidak mengambil gaji," ujarnya.

Andre mengingatkan, yang terpenting, adalah lebih baik masyarakat mendoakan Prabowo Subianto dan Edhy Prabowo sebagai menteri bisa menjalankan tugas dengan baik dalam Kabinet Indonesia Maju.

"Kita tidak perlu berdiskusi soal gaji dan fasilitas. Paling penting doakan keduanya benar-benar kerja keras dan berhasil memenuhi keinginan rakyat Indonesia," ungkap dia.

Topik Terkait
Saksikan Juga
Prabowo soal Ledakan di Monas: Polisi Masih Investigasi
TVONE NEWS - 6 hari lalu