Pesona Paundrakarna, Cucu Soekarno yang Dijagokan di Pilkada Solo

Paundrakarna.
Sumber :
  • Dok. Instagram

VIVA – Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak yang dilangsungkan pada 2020 ramai diperbincangkan, tak terkecuali dalam kontestasi Pilkada Solo. Nama-nama kandidat peserta Pilkada Solo terus bermunculan.

Selain anak sulung Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming, kini nama Paundrakarna muncul ke publik. Pria bernama lengkap Gusti Pangeran Haryo (GPH) Paundrakarna Sukmaputra Jiwanegara itu dilirik oleh Partai Gerindra lantaran dinilai cocok jika dipasangkan dengan Gibran Rakabuming.

Cucu Presiden Pertama Republik Indonesia Soekarno ini dikenal sebagai artis dan pernah menjadi politikus dari PDI Perjuangan.

Putra Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya Mangkunegara (KGPAA) Mangkunegoro IX dan Sukmawati Soekarnoputri itu sebenarnya anggota DPRD Kota Solo periode 2009-2014.

Sayangnya, saat menjadi anggota DPRD, Paundrakarna dinilai kurang disiplin. Akan tetapi, di tengah jalan diganti karena kurang bisa aktif di kegiatan legislatif.

Penasaran? Yuk, kenalan lebih jauh profil Paundrakarna berdasarkan data yang diolah VIVA, Kamis, 31 Oktober 2019. Pria kelahiran Jakarta, 19 April 1979 ini pernah beberapa kali terlibat dalam film.

Paundrakarna pernah berakting di sinetron 'Gita Cinta dari SMA' pada 2003 bersama Ratna Galih. Kemudian pada 2016, Paundrakarna pernah terlibat dalam film 'Rudy Habibie' sebagai tokoh antagonis.

Soal pendidikan, ia lulusan SMAN 1 Surakarta pada 1994. Pascalulus, Paundrakarna melanjutkan jenjang sekolahnya di jurusan Desain Grafis, Universitas Trisakti pada tahun yang sama. Sayangnya, ia hanya bertahan selama dua semester dan memutuskan keluar dari kampus tersebut.

Gibran Rakabuming.

Paundrakarna kemudian melanjutkan pendidikannya di Akademi Komunikasi Indonesia, Yogyakarta mengambil jurusan Broadcast, dan lulus pada 2000.

Bukan itu saja, pria yang mengaku masih jomblo ini ternyata juga memiliki hobi menari. Bersama ibunya, Sukmawati, Paundrakarna telah memiliki dance company di bawah nama perusahaan Adicipta Paundrakarna.